Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan

Tips Sehat dan Cantik - Sejak zaman dulu, orang-orang telah mengenal akan khasiat dan manfaat yang luar biasa yang tersimpan pada bawang merah. Namun, untuk saat ini bawang merah lebih seringkali terlihat pada sebuah masakan saja.

Menurut ensiklopedia bahasa Indonesia, bawang merah merupakan sejenis tanaman yang menjadi bumbu berbagai masakan di Asia Tenggara dan dunia. Bawang merah mempunyai bentuk bulat dengan ujungnya yang tumpul. Bentuk biji agak pipih dan biji bawang merah seringkali digunakan sebagai bahan perbanyakan tanaman secara generatif.

Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan
Bawang merah mengandung sejumlah nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Nutrisi tersebut diantaranya meliputi vitamin C, kalsium, zat besi, kalium, serat, dan asam folat. Tidak hanya itu saja, bawang merah pun menyimpan zat pengatur tumbuh alami yang berupa hormon auksin dan giberelin. Meskipun popularitasnya tidak sepopuler manfaat bawang putih, namun beberapa penelitian pun telah dilakukan terhadap bawang merah bahwa didalam bawang merah itu ditemukan sejumlah senyawa kimia yang sangat penting bagi tubuh manusia.

Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan


Walaupun bawang merah seringkali hadir untuk menjadi penambah citarasa dan aroma pada sebuah masakan. Namun, ia juga mempunyai sejumlah khasiat atau pun manfaat yang cukup mengejutkan dan layak untuk diketahui untuk menambah sebuah wawasan baru bagi Anda. Berikut ini merupakan beberapa manfaat bawang merah untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan.

1. Menurunkan kolesterol
Bawang merah bermanfaat untuk menjaga agar tingkat kolesterol Anda tetap dalam keadaan normal. Selain itu, bawang merah juga menjaga jumlah kolesterol baik dalam darah untuk membantu dalam melindungi kesehatan jantung Anda.

2. Mengontrol tekanan darah
Selain berfungsi untuk menurunkan jumlah kolesterol jahat, bawang merah pun dapat membantu dalam mengontrol tekanan darah Anda. Bawang merah mengandung quercetin yang berguna dalam meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, meningkatkan produksi darah dan juga mengurangi kemungkinan stroke jantung.

3. Menurunkan risiko diabetes
Untuk penderita diabetes mengonsumsi bawang merah cukup dianjurkan. Pasalnya, mengonsumsi bawang mentah itu sama saja membantu dalam meningkatkan produksi insulin.

4. Mencegah pertumbuhan sel kanker
Seperti halnya bawang putih, bawang merah juga bermanfaat untuk mencegah terjadi pertumbuhan sel kanker dalam tubuh Anda. Kandungan sulfur didalamnya sangat tinggi dan dapat melindungi tubuh Anda dari pembesaran usus. Hal ini berlaku sama dalam mencegah terjadinya pertumbuhan kanker payudara, paru-paru, dan kanker prostat.

5. Mengatasi wasir
Menurut sebuah penelitian, bawang merah mentah mampu menghentikan terjadinya pendarahan dan sekaligus mengurangi rasa nyeri pada dubur yang diakibatkan oleh adanya wasir atau ambeien. Dengan mengonsumsi tiga kali dalam sehari, rasa nyeri yang ditimbulkan akan berangsur menghilang.

6. Mengatasi sembelit
Serat yang ada pada bawang merah bisa membantu mengeluarkan toksin atau pun partikel makanan yang sulit untuk dicerna oleh usus Anda. Apabila Anda merasa kesulitan dalam buang air besar, cobalah untuk mengonsumsi bawang mentah.

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, bawang merah juga mempunyai manfaat lainnya khususnya untuk menjaga kesehatan rambut.

Manfaat Bawang Merah Untuk Rambut


1. Menumbuhkan rambut
Memijat kulit kepala Anda dengan menggunakan jus bawang bisa meningkatkan sirkulasi darah yang mampu memicu untuk terjadinya pertumbuhan rambut baru. Adanya kandungan sulfur didalam bawang merah tidak hanya bermanfaat untuk mengurangi masalah rambut rontok saja, namun ia juga mampu menginduksi pertumbuhan rambut. Anda bisa membuat jus bawang merah dengan dicampur coconut oil, lalu pijat kulit kepala Anda. Biarkan hal tersebut selama kurang lebih 40 menit supaya bisa meresap dengan sempurna. Kemudian bilas dengan menggunakan air bersih.

2. Mengatasi ketombe
Masalah ketombe juga bisa diatasi dengan menggunakan bawang merah. Cobalah Anda buat jus bawang merah yang dicampur dengan lemon, dadih, dan tambahkan beberapa tetes madu. Oleskan pada bagian rambut dan biarkan selama 30 menit. Setelah itu, baru bilas dengan menggunakan sampo anti-ketombe ringan.

3. Mengatasi infeksi kulit kepala
Jus bawang merah juga sangat berguna untuk mengatasi infeksi yang terjadi pada bagian kulit kepala. Infeksi yang disebabkan oleh jamur bisa merusak rambut dan menyebabkan kerontokan rambut semakin parah. Selain mengatasi infeksi kulit kepala, bawang merah juga membantu membuka pori-pori yang tersumbat dari folikel rambut.

Itulah manfaat bawang merah untuk kesehatan yang bisa kami sampaikan untuk Anda. Mulai dari sekarang, cobalah untuk selalu menyediakan bawang merah dirumah Anda. Selain untuk kebutuhan memasak, bawang merah juga bisa menjadi obat tradisional yang murah meriah untuk keluarga Anda.