Manfaat Bengkoang Bagi Kesehatan

Tips Sehat dan Cantik - Bengkoang (Pachyrhizus erosus) terkenal dengan umbi putihnya yang dapat dimakan sebagai komponen rujak dan juga asinan atau pun dapat digunakan sebagai masker wajah yang bermanfaat untuk menyegarkan dan memutihkan kulit. Tumbuhan yang satu ini berasal dari Amerika tropis yang termasuk dalam suku polong-polongan.

Didalam bengkoang terdapat kandungan air yang cukup banyak yang berkisar antara 80-90% sehingga hal tersebut dapat membantu sebagai penyuplai cairan dalam tubuh. Bagi seorang penderita diabetes, mengonsumsi buah bengkoang sangatlah dianjurkan dikarenakan cairan yang terkandungan didalamnya begitu tinggi.

Seperti buah-buahan yang lainnya, buah bengkoang juga mengandung sejumlah nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh. Nutrisi penting tersebut diantaranya adalah energi, lemak, protein, kalsium, karbohidrat, zat besi, fosfor, vitamin B1, dan vitamin C. Dalam sebuah penelitian terhadap 100 gr bengkoang mengandung kandungan gizi seperti berikut.
  • Vitamin B1 = 0.04 mg
  • Vitamin C = 20 mg
  • Zat besi = 1 mg
  • Kalsium = 15 mg
  • Fosfor = 18 mg 
  • Protein = 1.4 gr
  • Lemak = 0.2 gr
  • Energi = 55 kkal
Banyaknya kandungan nutrisi penting didalamnya membuat buah bengkoang memiliki manfaat yang sangat baik untuk mendukung kesehatan tubuh Anda. Berikut adalah beberapa manfaat bengkoang bagi kesehatan tubuh Anda.

Manfaat Bengkoang Bagi Kesehatan


1. Melancarkan sistem pencernaan
Inulin yang terdapat pada bengkoang mempunyai sifat sebagai serat makanan. Sifat tersebut dapat berpengaruh terhadap fungsi usus dan juga perbaikan parameter dalam darah. Sebagai serat makanan, inulin bisa meningkatkan massa feses serta meningkatkan frekuensi defekasi terutama bagi penderita konstipasi.

2. Menyehatkan tulang dan gigi
Bengkoang mengandung fosfor dan kalsium yang berperan sangat baik untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi. Kebutuhan akan fosfor dan kalsium dapat dipenuhi dengan mengonsumsi bengkoang. Kekurang fosfor dalam tubuh seseorang bisa menjadikannya lemah dan nafsu makan berkurang.

3. Menghilangkan flek hitam di wajah
Bengkoang seringkali digunakan sebagai masker untuk membantu masalah kecantikan. Telah banyak produk-produk kecantikan yang menggunakan bengkoang sebagai bahan alaminya. Kandungan air yang begitu banyak mampu menghilangkan flek hitam di wajah Anda.

4. Mengobati sariawan
Kandungan vitamin C didalamnya cukup banyak sehingga hal itu sangat baik bagi kesehatan tubuh Anda. Selain itu, vitamin C juga bermanfaat sebagai antioksidan maupun sebagai obat untuk mengatasi sariawan. Disamping itu, bengkoang juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah Anda.

5. Mengatasi asam lambung
Bengkoang mempunyai sifat alkali yang berfungsi sebagai pendingin atau pun penyerap asam lambung dengan cepat. Asam lambung yang tinggi bisa menyebabkan maag. Oleh karena itu, mengonsumsi bengkoang bagi penderita asam lambung sangatlah dianjurkan.

6. Baik dikonsumsi oleh penderita diabetes
Bengkoang mempunyai rasa manis karena adanya inulin yang terkandung didalamnya. Inulin tidak dapat dicerna oleh enzim didalam usus manusia sehingga mampu menjaga kadar gula dalam darah supaya tetap normal. Dengan sifat inulin seperti inilah yang membuat buah bengkoang cocok untuk penderita diabetes.

7. Mengurangi efek menopause
Seorang wanita yang mengalami menopause pada umumnya akan mengalami yang namanya kerutan atau keriput dan penuaan kulit. Untuk mengurangi masalah tersebut tubuh memerlukan fitoestrogen, yang mana fitoestrogen terkandung didalam buah bengkoang. Mengonsumsi fitoestrogen yang cukup bisa membuat kulit Anda untuk tetap segar dan sehat.

Itulah manfaat bengkoang bagi kesehatan tubuh Anda yang bisa kami sampaikan untuk Anda. Mulai dari sekarang jangan lupa untuk mengonsumsi bengkoang, ya!