6 Makanan Ini Bantu Sehatkan Paru-paru

Tips Sehat dan Cantik - Paru-paru merupakan salah satu dari sekian banyak organ manusia yang mempunyai peranan yang sangat penting. Dengan paru-paru manusia bisa bernafas hampir setiap hari tiada henti. Organ paru-paru yang bermasalah dapat memicu terjadinya gangguan pada jalan pernapasan seseorang dan bahkan bisa pula sampai memicu terjadinya kematian.

Setiap harinya, organ paru-paru terpapar oleh berbagai polutan dan mikroba dalam udara yang kita hirup. Menjaga paru-paru supaya tetap sehat merupakah hal penting agar organ tersebut tetap dapat berfungsi baik sebagaimana mestinya.

Menjaga kesehatan paru-paru tidaklah cukup hanya dengan menggunakan masker atau menghirup udara yang bersih saja, melainkan bisa juga dengan memilih makanan yang tepat supaya organ paru-paru tetap dalam kondisi yang prima. Dibawah ini terdapat beberapa jenis makanan yang bisa Anda konsumsi guna menjaga organ paru-paru Anda supaya tetap sehat.
6 Makanan Ini Bantu Sehatkan Paru-paru

1. Sayuran hijau
Sayuran hijau seperti halnya brokoli, kale, kembang kol, kubis, dan yang lainnya adalah salah satu makanan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan paru-paru. Jenis sayuran semacam ini diketahui mampu menurunkan risiko terkena kanker paru-paru. Sayuran tersebut mengandung klorofil yang dapat membersihkan dan membuat darah kaya akan antioksidan.

2. Air
Minum air juga sangat baik untuk menjaga kesehatan paru-paru. Air bisa membantu melancarkan aliran darah dari dan keluar paru-paru. Hal ini bisa diartikan pula bahwa air mampu membantu menghilangkan lendir yang terbentuk pada paru-paru serta menjaga paru-paru supaya tetap terpenuhi akan kebutuhan cairannya. Kurang minum air bisa mengakibatkan paru-paru menjadi kering dan lebih mudah untuk terkena iritasi.

3. Apel
Apel itu tidak hanya mampu menjauhkan Anda dari dokter, melainkan bisa juga membantu dalam menyehatkan organ paru-paru Anda. Apel mengandung banyak vitamin E, vitamin C, dan flavonoid yang bisa meningkatkan fungsi paru-paru. Orang yang mengonsumsi apel beberapa kali dalam seminggu akan mempunyai paru-paru yang lebih sehat bila dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsinya sama sekali.

4. Lemak ikan
Lemak ikan sangat baik untuk mencerdaskan dan meningkatkan fungsi otak. Selain itu, sebuah penelitian juga telah mengungkapkan bahwa omega-3 yang ada dalam lemak ikan merupakan nutrisi penting yang sangat diperlukan oleh paru-paru.

5. Wortel
Wortel tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata saja, tapi bisa juga bermanfaat untuk organ paru-paru Anda. Wortel kaya akan vitamin A, C, lycopene, dan antioksidan yang baik untuk membantu kesehatan jantung.  Mengonsumsi wortel juga ditengarai mampu menurunkan risiko terkena kanker paru-paru.

6. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan baik itu kacang tanah, kacang buncis, atau pun biji-bijian yang kaya akan magnesium dibutuhkan juga oleh organ paru-paru Anda. Magnesium merupakan mineral penting yang dibutuhkan oleh paru-paru agar bisa berfungsi dengan baik. Selain itu, magnesium juga sangat penting untuk kesehatan jantung Anda.

Itulah 6 makanan sehat yang bisa Anda konsumsi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan organ paru-paru Anda. Tidaklah cukup menjaga kesehatan paru-paru Anda hanya dengan mencegahnya dari luar saja tanpa di imbangi dengan menjaganya dari dalam. Selamat mencoba!