5 Kesalahan Saat Menggosok Gigi

Tips Sehat dan Cantik - Menggosok gigi merupakan salah satu dari sekian banyak kebiasaan yang paling sering dilakukan oleh sebagian besar orang dengan tujuan untuk membersihkan gigi sekaligus menjaga kesehatan mulut. Supaya kesehatan gigi dan mulut tetap dalam kondisi sehat maka disarankan untuk menggosok gigi minimal dua kali dalam sehari. Namun, ada juga beberapa orang diantaranya yang meskipun rajin sikat gigi tapi tetap mengalami sakit gusi, gigi berlubang, dan lain sebagainya. Mengapa hal itu bisa terjadi?

Menggosok gigi memang kebiasaan yang baik, akan tetapi itu tidaklah cukup apabila Anda menggosok gigi dengan cara yang kurang tepat. Kesalahan yang sering dilakukan ketika menggosok gigi bisa membuat kebiasaan membersihkan gigi menjadi tidak maksimal. Akibatnya, Anda pun akan tetap mengalami masalah dengan kesehatan gigi dan mulut walaupun Anda rajin betul melakukannya.

5 Kesalahan Saat Menggosok Gigi
Untuk mengetahui kesalahan apa saja yang harus diperbaiki, cobalah Anda perhatikan beberapa kesalahanyang sering dilakukan oleh kebanyakan orang seperti dibawah ini.

1. Menggunakan sikat gigi yang salah
Salah satu hal yang paling pertama dan harus diperhatikan adalah memilih sikat gigi yang benar. Hal ini sangatlah penting sebelum Anda menggosok gigi. Cobalah untuk memilih sikat gigi yang paling nyaman menurut Anda untuk digunakan menggosok gigi dan tidak melukai mulut Anda. British Dental Health Foundation telah menyarankan untuk menggunakan sikat gigi dengan ukuran yang kecil dan juga sedang. Hal yang lain yang mesti diperhatikan pula ketika memilih sikat gigi adalah pegangannya. Anda pun harus bisa memilih sikat gigi yang pegangannya cukup nyaman ditangan Anda.

Perhatikan jenis sikat gigi Anda dan pastikan sikat gigi Anda cukup keras untuk membersihkan gigi namun tidak usah terlalu keras karena bisa merusak gigi dan gusi Anda. Gunakanlah sikat gigi yang ujungnya itu lembut dan bulat.

2. Kebiasaan menggosok yang salah
Seorang dokter selalu merekomendasikan agar seseorang menggosok gigi dua kali dalam sehari. Namun, apabila Anda ingin menjaga kesehatan dan juga kebersihan gigi cobalah untuk selalu cuci mulut setiap kali selesai makan atau minum yang manis-manis. Selain itu, jangan terlalu berlebihan menggosok gigi apalagi sampai lebih dari empat kali dalam sehari. Hal itu bisa mengakibatkan terjadinya iritasi pada gusi Anda. Mengosok gigi secara lembut dua sampai tiga menit dengan baik rasanya sudah mampu membantu menjaga kebersihan gigi Anda.

3. Mengabaikan kebersihan gigi bagian dalam
Tidak sedikit diluar sana yang mengabaikan bagian dalam gigi pada saat menggosok gigi. Plak yang sering terbentuk pada bagian gigi luar bisa juga terjadi pada bagian dalam gigi seseorang. Oleh sebab itu, plak juga seringkali merusak gigi bagian dalam. Solusinya, jangan sampai ketinggalan untuk menggosok gigi bagian dalam.

4. Tidak menjaga kebersihan sikat gigi
Pada saat Anda menyimpan sikat gigi di kamar mandi, perhatikan pula kebersihan sikat gigi Anda. Di kamar mandi, sikat gigi sangat rentan menyimpan kuman dan juga bakteri dikarenakan lembap. Pastikan untuk selalu menjauhkan sikat gigi Anda di tempat yang lembap agar tidak terkena bakteri. Apabila sikat gigi Anda menggunakan sebuah penutup, usahakan untuk mengeringkan penutupnya sebelum memasangkannya pada sikat gigi Anda. Jangan lupa untuk selalu mencuci sikat gigi sebelum atau setelah menggunakannya.

5. Tidak mengganti sikat gigi
Meskipun sikat gigi yang Anda gunakan masih terasa nyaman bukan berarti Anda tidak perlu untuk menggantinya. American Dental Association telah merekomendasikan supaya seseorang mengganti sikat gigi setiap tiga sampai empat bulan sekali. Ketika ujung sikat gigi mulai rusak dan tidak beraturan, itulah saat yang tepat untuk menggantinya.

Itulah beberapa kesalahan umum yang sering terjadi pada saat menggosok gigi. Menggosok gigi yang tidak tepat akan menyebabkan hasil yang diberikannya tidak maksimal seperti yang diharapkan. Apabila kebiasaan menggosok gigi Anda ada yang sama dengan yang telah disebutkan diatas, sebaiknya segera hentikan dan jangan lupa untuk memperbaiknya.