6 Alasan Kenapa Anda Harus Makan Bayam

Anda suka dengan bayam? kalau tidak, maka Anda harus baca artikel yang satu ini karena bisa saja setelah Anda baca artikel berikut ini Anda akan lebih menyukai sayur bayam.

Bayam merupakan salah satu jenih sayuran yang mempunyai dauh hijau yang sudah familiar bagi masyarakat Indonesia. Bayam yang rendah kalori dan kaya serat bisa dianggap sebagai salah satu sayuran tersehat bila kita bandingkan dengan jenis sayuran lainnya. Perlu kita ketahui bahwa bayam ini mempunyai manfaat yang luar biasa mulai dari menjaga kesehatan kulit, rambut, hingga tulang.

Bayam mengandung banyak nutrisi seperti potasium, magnesium, dan zat besi serta vitamin seperti vitamin A, K, D, dan E. Bayam bisa kita nikmati sebagai salad, dalam masakan, atau bisa juga kita buat sebagai jus.

Makan Bayam

Beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari sayuran berdaun hijau ini adalah sebagai berikut.

1. Melindungi tubuh dari kanker
Bayam mengandung banyak flavonoid yang diketahu memiliki zat anti-kanker. Flavonoid juga diketahui bisa mengecilkan ukuran sel kanker kulit. Tak hanya itu, mengonsumsi bayam diketahui bisa memberikan perlindungan dari kanker prostat pada pria.

2. Kesehatan tulang
Banyak mengandung cukup banyak vitamin K, kalsium, dan magnesiu, yang baik untuk menjaga kesehatan tulang. Untuk itu, mengonsumsi bayam penting untuk kesehatan tulang dan mencegah pengeroposan tulang. Mengkonsumsi bayam juga memang disarankan terutama bila Anda baru mengalami yang namanya patah tulang.

3. Kesehatan mata
Tidak hanya pada wortel, rupanya bayam juga mengandung yang namanya karotenoid, salah satu bentuk antioksidan yang baik untuk melindungi kesehatan mata. Untuk itu, mengonsumsi bayam sangatlah baik untuk melindungi mata dari katarak dan generasi makula.

4. Kesehatan kulit
Vitamin A yang ada pada bayam bisa membantu Anda dalam menjaga kesehatan kulit. Ini karena vitamin A tersebut membuat kulit lebih lembap sehingga mencegah masalah kulit seperti jerawat, keriput, proriaris, dan yang lainnya.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh
Makan bayam akan menjaga kesehatan dan juga mengontrol jumlah sel darah putih. Ini akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan membuat sistem kekebalan tubuh menjadi jauh lebih baik. Kekebalan tubuh yang baik bisa membantu Anda untuk tetap sehat dan terhindar dari berbagai serangan penyakit.

6. Mencegah rasa lelah
Tak hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, bayam juga bisa membantu mencegah rasa lelah. Mengonsumsi bayam akan meningkatkan jumlah energi dan mengurangi rasa lelah. Jumlah zat besi yang ada di dalamnya membantu meningkatkan produksi oksigen pada tubuh. Selain mencegah lelah, ini juga dapat membantu mengontrol tingkat gula dalam darah.

Itulah beberapa manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi bayam. Apabila Anda sedang menjalankan program diet, disarankan untuk lebih sering mengonsumsi bayam untuk mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan tubuh Anda