Inilah Kebiasaan Buruk yang Membuat Rambut Anda Menjadi Tipis

Masalah rambut rontok memang masih menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian besar orang, terutama wanita. Rambut rontok bisa menindikasikan bahwa rambut dan kulit kepala Anda tidak dalam keadaan yang sehat. Ketebalan rambut sangatlah berpengaruh dalam masalah seperti ini. Jika rambut tipis dan kurang nutrisi, maka kemungkinan rambut untuk mengalami kerontokan sangatlah besar. Rambut yang tipis ternyata bisa disebabkan oleh gaya hidup Anda yang kurang sehat. Supaya rambut Anda lebih tebal dan kuat, sebaiknya Anda hindari kebiasaan-kebiasaan yang buruk bagi rambut Anda.

Rambut Tipis

Apa saja kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut, silahkan simak dibawah ini.

1. Kurang nutrisi
Untuk bisa tumbuh sehat dan kuat, rambut juga membutuhkan nutrisi yang bisa didapatkan dari makanan. Oleh karena itu, pastikan Anda telah memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral dari makanan Anda.

2. Gaya rambut yang terikat rapat
Selalu mengucir rambut atau menyanggul dengan ikatan erat bisa mengakibatkan rambut rusak secara permanen. Biarkan rambut Anda bernafas dengan melonggarkan ikatan rambut.

3. Mandi dengan air panas
Air yang terlalu panas membuat kulit termasuk kulit kepala Anda menjadi kering. Selain itu, air yang terlalu panas akan membuat akar rambut menjadi rusak. Karena itu sebaiknya gunakanlah air dingin untuk membilas rambut Anda.

4. Sering menggunakan hairdryer atau catok rambut
Penggunaan hairdryer atau catok rambut yang terlalu sering juga akan membuat rambut menjadi rusak. Karena panas akan membuat kelembapan rambut menjadi tidak stabil. Gunakanlah peralatan tersebut seperlunya, maksimal 3 kali dalam seminggu.

5. Salah memperlakukan rambut basah
Saat dalam keadaan basah, rambut berada dalam masa terapuhnya. Karena itu, perlakukan rambut basah selembut mungkin agar tidak mengalami kerontokan.

6. Konsumsi obat-obatan tertentu
Beberapa obat-obatan memiliki efek buruk pada rambut. Salah satunya adalah pil penunda kehamilan yang mengandung androgen. Beberapa obat anti hipertensi, obat penenang, atau hormon juga bisa mengganggu siklus pertumbuhan rambut sehat. Konsultasikan dengan dokter Anda tentang dampak dari obat yang Anda konsumsi.

7. Jarang mencuci rambut
Mencuci rambut tidaklah harus dilakukan setiap harinya. Namun, jika rambut terlalu lama dibiarkan dalam keadaan kotor, pori-pori rambut akan tersumbat oleh debu dan kotoran sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik. Cucilah rambut Anda dua-tiga hari sekali untuk menghindarkan kerontokan rambut.

Itulah kebiasa-kebiasan buruk yang mesti Anda hindari supaya rambut Anda tidak tipis yang pada akhirnya bisa menyebabkan terjadinya kerontokan. Semoga bermanfaat ya!