5 Makanan Ini Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Setiap Hari

Tips Sehat dan Cantik - Didunia ini memang tidak ada makanan yang sempurna. Oleh karenanya, semua makanan masing-masing memiliki nutrisi yang berbeda-beda sehingga jika dikombinasikan akan saling melengkapi antara satu dengan yang lainnya.

Umumnya, kebanyakan orang lebih memilih makanan enak untuk dikonsumsi setiap hari. Padahal, tidak semua makanan enak baik untuk dikonsumsi setiap hari. Bila hal ini terus dibiarkan, tubuh bisa saja mengalami kekurangan maupun kelebihan gizi.
makanan yang sebaiknya dibatasi
Makanan manis via counselheal.com
Untuk itu, kita harus pandai dalam membatasi makanan yang akan dikonsumsi. Berikut adalah 5 makanan enak yang perlu Anda batasi.

1. Susu
Sebenarnya tidak ada yang salah dengan minuman yang enak ini. Hanya saja, minum susu disetiap saat juga tidak banyak memberikan manfaat. Malahan, kandungan lemak dan karbohidrat yang dimilikinya akan membuat diet harian Anda terganggu. Lebih baik, cobalah berhenti minum susu selama satu bulan dan perbanyak minum air putih. Selain membantu melancarkan diet harian, minum air putih juga akan membersihkan kulit Anda.

2. Makanan manis
Sampai saat ini masih banyak orang yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi makanan yang manis setelah makan. Padahal, kebiasaan tersebut tidaklah perlu dan akan jauh lebih baik bila Anda meninggalkannya. Anda mungkin sudah tahu bahwa penambahan gula sehabis makan hanya akan membuat kadar gula dalam darah meningkat. Dan ini tentu saja bisa meningkatkan risiko diabetes.

3. Kentang
Penelitian terbaru yang dilakukan oleh Harvard mengungkapkan bahwa kentang dapat memberikan 37 gram dan 5 gram karbohidrat dan protein, sehingga hal ini memungkinkan kentang bukanlah pilihan yang tepat untuk diet.  Jika dibandingkan dengan kentang, sayuran segar yang rendah kalori sekaligus menyehatkan bisa menjadi pilihan terbaik.

4. Karbohidrat untuk makan malam
Meskipun tidak semua orang, akan tetapi kebanyakan orang masih memiliki kebiasaan bahwa ketika mereka makan sedikit di siang hari, biasanya nafsu makannya akan meningkat pada malam harinya. Meskipun hal ini wajar terjadi, hanya saja makanan yang tinggi kabohidrat cenderung mereka pilih. Untuk mensiasati masalah yang satu ini, sebaiknya konsumsilah makanan yang mengandung protein dan lemak sehat seperti halnya ikan atau kacang-kacangan dengan sayur. Pastikan juga bahwa Anda tidak langsung tidur setelah makan.

5. Makanan sehat
Anda mungkin tidaklah asing dengan slogan 4 sehat 5 sempurna, iya kan? Nah, jika Anda ingin mengetahui makanan sehat itu seperti apa, mulai dari sekarang Anda tidak perlu lagi untuk berpedoman pada slogan tersebut. Karena saat ini, makanan sehat yang baik itu berpedoman pada gizi seimbang. Baik makanan pokok dan sayuran, keduanya harus seimbang jumlahnya. Sisanya, untuk lauk pauk dan buah. Kemudian jangan lupa untuk membatasi minyak, garam, dan gula. Minumnya lebih baik air putih.