Khasiat dan Manfaat Susu Kedelai

Tips Sehat dan Cantik - Beberapa tahun ini susu kedelai mulai disukai oleh masyarakat Indonesia. Bukan hanya karena rasanya yang enak, akan tetapi manfaat susu kedelai itu pun cukup banyak dan baik untuk kesehatan. Tahukah Anda apa saja manfaatnya? Berikut adalah ulasannya untuk anda.

Susu kacang kedelai atau lebih tepatnya sari kacang kedelai merupakan salah satu minuman yang dibuat dari kacang kedelai. Minuman yang satu ini sering disebut susu karena warnanya hampir sama dengan susu. Menurut salah serorang ahli nutrisi, minuman sari kacang kedelai ini tidak termasuk kedalam kategori susu, karena susu merupakan cairan yang hanya diproduksi oleh kelenjar susu pada mamalia dan juga manusia. Meskipun bukan termasuk kategori susu, akan tetapi kandungan komposisi yang dimilikinya hampir sama dengan susu. Mungkin ini merupakan alasan kedua mengapa minuman sari kacang kedelai sering disebut juga dengan susu.

Minum susu kacang kedelai secara teratur dapat memberikan kontribusi yang luar biasa terhadap kesehatan Anda. Berikut ini merupakan beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari susu kedelai.

Manfaat Susu Kedelai

khasiat susu kedelai

Menurunkan berat badan
Didalam segelas susu sapi setidaknya terdapat 12 gram gula, sedangkan pada susu kedelai hanya terdapat sekitar 7 gram saja. Susu kacang kedelai mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang mampu menghambat penyerapan lemak di usus. Selain itu, minum susu kedelai pun dapat memberikan efek kenyang lebih lama.

Menurunkan kolesterol
Susu sapi mengandung asam lemak jenuh yang tinggi, sedangkan susu kedelai sebagian besar merupakan asam lemak tak jenuh. Asam lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak tak jenuh ganda yang ada pada kedelai mampu menghambat pengangkutan kolesterol ke dalam aliran darah. Penelitian pun telah menunjukkan bahwa mengonsumsi kacang kedelai secara rutin mampu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Mencegah kanker prostat
Manfaat susu kedelai selanjutnya adalah dapat mencegah kanker prostat. Penelitian telah membuktikan bahwa pria yang sering mengonsumsi kedelai secara rutin mempunyai risiko lebih kecil untuk mengalami kanker prostat. Hal ini dikarenakan susu kedelai kaya akan phytoestrogen yang dapat menghambat produksi hormone testosteron pada pria. Berkurangnya kadar testosteron secara signifikan dapat mengurangi risiko kanker prostat.

Mencegah osteoporosis
Susu sapi memang dikenal mampu mengurangi risiko terjadinya osteoporosis. Hal ini berlaku juga untuk susu kedelai. Protein yang terkandung dalam kedelai dapat membantu mempercepat proses penyerapan kalsium oleh tubuh dan mencegah hilangnya massa tulang. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, pastikan Anda memilih susu kedelai yang mengandung vitamin D.

Menopause lebih nyaman
Produksi hormon esterogen wanita akan mengalami penurunan yang drastis selama mengalami menopause. Penurunan yang sangat banyak ini dapat menimbulkan beberapa masalah terhadap kesehatan wanita, misalnya obesitas, diabetes, dan penyakit jantung. Selain itu, wanita yang sedang mengalami menopause akan lebih rentan mengalami gangguan psikologis seperti mudah marah dan depresi. Untuk mengatasi hal tersebut bisa diatasi dengan mengonsumsi susu kedelai yang kaya akan phytoestrogen yang dapat menggantikan hormone esterogen. Sehingga, wanita akan lebih sehat dan nyaman ketika menjalani masa menopause.

Itulah khasiat dan manfaat susu kedelai yang bisa Anda dapatkan bila dikonsumsi secara rutin. Mulai dari sekarang jangan lupa untuk minum susu kedelai ya.