Menu Makanan Sehat yang Wajib Anda Konsumsi

Semakin hari makanan sehat semakin sulit untuk ditemukan bahkan bisa dibilang sangat langka. Akhir-akhir ini orang-orang lebih memilih junk food daripada makanan sehat. Ada beberapa alasan yang mungkin menjadi penyebab mengapa orang-orang lebih memilih junk food atau makanan cepat saji. Alasan yang pertama mungkin karena waktu yang mereka punya tidak mencukupi untuk membuat makanan sehat, alasan yang kedua karena mungkin mereka malas untuk membuatnya.

Padahal, kalau kita sadar sepenuhnya sesibuk apapun diri kita pasti akan menyempatkan waktunya agar bisa menikmati makanan sehat dan bergizi. Rasanya akan percuma juga kalau kita mengejar harta kekayaan kalau harta tersebut kita pergunakan untuk pengobatan, betul tidak?

Makanan sehat mempunyai peranan yang sangat penting untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan bugar. Terlebih lagi bagi seseorang yang membutuhkan nutrisi tambahan dari makanan bergizi seperti ibu hamil dan bagi seseorang yang sedang berdiet.


Dibawah ini terdapat beberapa menu makanan sehat yang tidak boleh untuk Anda lewatkan begitu saja.

1. Buah apel
Apel menjadi sumber antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas. Apel juga mengandung serat yang baik untuk pencernaan. Sebuah studi menunjukkan bahwa wanita yang sering mengkonsumsi apel setiap hari dapat terhindar dari penyakit jantung. Apel juga sering digunakan sebagai menu diet sehat.

2. Sayuran hijau
Sayuran hijau mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Sayuran juga mengandung serat yang sangat baik untuk pencernaan. Antioksidannya bermanfaat menangkal radikal bebas yang menyerang tubuh.  Bagi anda yang sering terkena anemia, sayuran hijau menjadi solusi jitu mengatasi masalah anda. Penelitian juga menunjukkan bahwa sayuran hijau dapat menurunkan resiko seseorang terkena penyakit diabetes tipe 2. Jadi sayuran hijau menjadi makanan sehat yang wajib anda konsumsi setiap hari.

3. Makanan rendah lemak
Lemak memang mutlak diperlukan tubuh namun jika jumlahnya terlalu banyak maka akan menjadi bumerang bagi tubuh kita. Makanan sehat rendah lemak seperti susu rendah lemak dan makanan yang diolah dengan cara direbus menjadi solusi sehat bagi kita.

4. Gandum
Gandum sudah terbukti mengandung banyak serat yang bermanfaat bagi pencernaan. Gandum juga memiliki vitamin B yang dibutuhkan oleh tubuh. Gandum juga menjadi sumber energi yang baik bagi kita. Roti gandum sebagai sarapan sudah cukup menjadi bahan bakar tubuh kita beraktifitas hingga siang hari.

5. Telur
Telur mengandung omega 3 yang baik untuk janin. Telur bisa menjadi menu sarapan sehat yang kaya protein.

6. Ubi jalar
Sebuah studi di Amerika Serikat membandingkan nilai gizi yang terkandung pada ubi jalar dengan beberapa sayuran lain. Hasilnya ubi jalar menempati posisi pertama dalam hal kandungan vitamin A dan C, serta zat besi, kalsium, protein, dan karbohidrat. Tak ada salahnya sesekali kita mengkonsumsi ubi jalar sebagai makanan sehat kita, terlebih harganya pun sangat terjangkau.

7. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan menjadi sumber penghasil protein nabati yang sangat tinggi. Produk olahan seperti tempe dan tahu menjadi makanan sehat dan murah yang bisa kita dapatkan di sekitar kita. Kacang memiliki indeks kenyang yang tinggi, maksudnya anda akan merasa kenyang lebih lama ketika mengkonsumsi kacang daripada makanan lain.

Itulah mungkin tips sehat yang bisa Anda dapatkan dari makanan sehat diatas. Mulai saat ini jangan pernah coba untuk meninggalkan makanan sehat diatas ya. Kalau Anda tidak suka, Anda bisa mengganti makanan diatas dengan makanan yang Anda suka namun harus tetap menyehatkan, ok!