5 Bahan Makanan Yang Efektif Buat Hilangkan Komedo

Tips Sehat dan Cantik - Ingin selalu terlihat cantik sebenarnya tidak mesti harus dengan menggunakan banyak makeup. Faktanya, banyak kok wanita yang terlihat mempesona meskipun tidak pakai makeup. Intinya, kulit wajah yang bersih dan sehat sudah cukup untuk mewakili Anda tetap terlihat cantik.

Meskipun begitu sederhana, nyatanya memang tidaklah mudah untuk menjaga kulit wajah supaya tetap bersih dan sehat. Pasalnya, komedo dan jerawat adalah dua gangguan masalah kecantikan yang paling banyak dialami. Kedua masalah tersebut biasanya muncul karena kita masih menerapkan pola gaya hidup yang tidak sehat, seperti makan makanan yang tidak sehat, merokok, lupa membersihkan wajah sebelum tidur, kurang istirahat, dan lain-lain.

Jika Anda ingin menghilangkan komedo, 5 bahan makanan ini bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi masalah tersebut. Apa saja ke-5 bahan makanan tersebut?
bahan makanan untuk hilangkan komedo
Buah lemon untuk usir komedo via thefitindian.com
1. Lemon
Buah yang kaya akan vitamin C ini bisa Anda gunakan untuk membantu menghilangkan komedo. Caranya, teteskan beberapa perasan air lemon pada bola kapas kemudian oleskan pada bagian wajah yang berkomedo. Ketika Anda memilih bahan makanan ini untuk menghilangkan komedo, mungkin Anda akan merasakan sedikit rasa perih. Akan tetapi, hal itu tidaklah masalah karena cara ini cukup efektif untuk menyingkirkan komedo.

2. Tomat
Tidak jauh berbeda dengan buah lemon, tomat juga memiliki kandungan vitamin C yang akan membantu melawan komedo sekaligus meremajakan kembali kulit yang kusam. Bila Anda ingin memilih bahan makanan yang satu ini, Anda cukup menggosok beberapa bulir tomat pada wajah yang terdapat komedo. Biarkan sampai kering, lalu cuci bersih dengan air dingin.

3. Kulit jeruk
Anda mungkin belum tahu bahwa kulit jeruk memiliki kandungan vitamin C yang membantu detoksifikasi kulit. Untuk menggunakannya, giling kulit jeruk kering sampai bubuk. Kulit jeruk yang telah bubuk tadi kemudian dicampur dengan beberapa tetes lemon. Terapkan pada wajah berkomedo. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air.

4. Susu
Bahan yang ke-4 ini harus Anda kombinasikan dengan lemon dan juga garam. Untuk perbandingan rasio antara susu, lemon, dan garam adalah 2:1:1. Setelah Anda buat, oleskan pada wajah yang berkomedo. Diamkan selama beberapa saat, kemudian bersihkan dengan air. Anda bisa mengulangi cara ini 3-4 kali dalam sehari.

5. Almond
Kacang almond juga bisa Anda gunakan untuk menyingkirkan komedo pada wajah. Caranya, haluskan kacang almond dan campurkan dengan sedikit oatmeal dan juga air mawar. Aplikasikan pada wajah berkomedo, lalu cuci dengan air dingin.