5 Makanan Yang Membuat Anda Sering Buang Air Kecil

Tips Sehat dan Cantik - Buang air kecil adalah aktivitas rutin yang biasa dilakukan oleh setiap orang. Jika seseorang tidak bisa melakukan aktivitas rutin yang satu ini, tentu hal tersebut akan menjadi masalah yang sangat serius. Disamping itu, meskipun buang air kecil adalah aktivitas rutin, terlalu sering buang air kecil juga sangat mengganggu sehingga menimbulkan rasa kurang nyaman.

Biasanya, ada banyak faktor yang membuat seseorang terlalu sering melakukan buang air kecil. Bisa karena terlalu banyak minum, kurang tidur, sakit, suhu, atau mengkonsumsi makanan dan minuman yang dapat meningkatkan periode buang air kecil. Dibawah ini terdapat 5 makanan yang membuat Anda menjadi lebih sering buang air kecil.
sering buang air kecil
Sering buang air kecil via enkivillage.com
1. Makanan yang mengandung kafein
Terdapat beberapa study yang mengatakan bahwa kandungan kafein yang terdapat pada makanan maupun minuman dapat memicu rasa ingin buang kecil menjadi lebih sering dari biasanya. Perlu diketahui bahwa kandungan kafein dapat mempengaruhi hormon anti-dieuretik. Sehingga, hal inilah yang membuat Anda selalu ingin buang air kecil.

2. Makanan yang mengandung alkohol
Tidak jauh berbeda dengan makanan atau minuman yang mengandung kafein, makanan atau minuman yang mengandung alkohol pun juga dapat mempengaruhi hormon anti-dieuretik. Sebaiknya, hindari makanan atau minuman yang mengandung alkohol supaya Anda terhindar dari masalah buang air kecil yang terus menerus.

3. Cokelat
Makanan yang satu ini memang banyak peminatnya. Tidak hanya anak-anak, orang dewasa pun sangat menyukainya. Tapi, tahukah Anda bahwa beberapa senyawa dalam cokelat diyakini dapat mengiritasi kandung kemih. Bukan hanya itu saja, beberapa senyawa dalam cokelat juga dapat mempengaruhi penyerapan air di ginjal.

4. Jus buah
Kita tahu bahwa jus buah adalah satu dari sekian banyak minuman yang baik untuk kesehatan tubuh. Akan tetapi, terdapat beberapa jus buah yang ternyata mengandung sorbitol atau glusitol. Kenapa jus buah bisa membuat seseorang lebih sering melakukan buang air kecil? Karena kandungan sorbitol yang ada pada beberapa jus buah berpengaruh pada hormon anti-dieuretik dalam tubuh.

5. Soda
Terdapat penelitian yang mengungkapkan bahwa minuman yang mengandung soda akan membuat seseorang menjadi lebih sering untuk buang air kecil. Selain itu, beberapa penelitian juga menemukan bahwa minuman ringan yang mengandung soda akan membuat kandung kemih lebih rentan mengalami iritasi.

Nah, itu dia 5 makanan yang akan membuat Anda lebih sering untuk melakukan buang air kecil. Jika selama ini Anda terlalu sering buang air kecil, cobalah untuk mengurangi 5 makanan yang telah disebutkan diatas. Dan untuk minuman beralkohol, sebaiknya dihindari supaya Anda terhindar dari bahaya alkohol yang artikelnya bisa Anda simak disini.