Kontrol Gula Darah Anda Dengan 7 Hal Ini

Tips Sehat dan Cantik - Diabetes memang memiliki hubungan yang sangat erat dengan gula darah. Bila kadar gula darah seseorang berada diatas normal, maka peluang seseorang untuk menderita diabetes semakin terbuka lebar. Sedangkan bila kadar gula darah Anda rendah, hal itu juga tidak baik karena bisa membuat tubuh Anda mudah lelah, kondisi mental menurun, mudah tersinggung, dan bahkan bisa sampai pada hilangnya kesadaran.

Selain makanan yang dikonsumsi setiap hari, beberapa hal lainnya juga bisa mempengaruhi kadar gula darah seseorang. Oleh karena itu, selain memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi, 7 hal berikut ini juga bisa membantu Anda untuk mengontrol kadar gula darah.
cara mengontrol gula darah
Ilustrasi senyum bahagia via wewomen.ca
1. Istirahat yang cukup
Sesibuk apapun aktivitas Anda, pastikan bahwa Anda selalu mempunyai waktu yang cukup untuk beristirahat. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kurang tidur mempunyai efek yang serius terhadap gula darah dan tingkat insulin dalam tubuh Anda. Oleh sebab itu, jagalah kualitas tidur Anda di setiap malamnya.



2. Olahraga
Jika Anda ingin sehat, maka jangan malas untuk berolahraga. Meskipun hanya berjalan kaki, hal itu juga baik bagi kesehatan tubuh Anda. Sebuah studi di Amerika yang dilakukan dalam skala besar menunjukkan bahwa berjalan kaki 2 km sehari mampu mengurangi risiko kematian yang diakibatkan oleh diabetes.

3. Penuhi kebutuhan magnesium
Sebuah studi menemukan bahwa wanita yang selalu memenuhi kebutuhan magnesium di setiap harinya mampu mengurangi risiko diabetes hingga 10%. Sedangkan sekitar 20% terjadi pada wanita yang mempunyai berat badan berlebih. Untuk mencukupi kebutuhan magnesium di setiap harinya, Anda bisa mengonsumsi alpukat, sayuran hijau (brokoli, bayam), ikan, dan kacang-kacangan.

4. Konsumsi kayu manis
Sebuah penelitian di Pakistan menemukan bahwa orang yang menderita diabetes tipe 2 mengalami penurunan kadar gula darah sekitar 18-29% setelah mengonsumsi 1 g/ 3 g/ 6 g kayu manis (tergantung dari jumlah yang dikonsumsinya). Di Indonesia tentunya bukanlah perkara yang sulit untuk mendapatkan kayu manis.

5. Kurangi lemak jenuh dalam tubuh
Hasil sebuah studi di Amerika yang melibatkan 3000 orang menunjukkan bahwa seseorang yang memiliki lemak jenuh yang cukup tinggi memiliki risiko lebih besar terkena diabetes. Karena itu, mulai dari sekarang hindari atau kurangi mengonsumsi makanan-makanan yang tinggi akan lemak jenuh.

6. Mengonsumsi legume
Tahukah Anda apa itu legume? Legume merupakan tumbuhan yang masih termasuk kedalam keluarga kacang-kacangan. Beberapa kacang-kacangan atau legume yang cukup populer di masyarakat Indonesia diantaranya adalah kacang tanah, kacang hijau, kacang lentil, kacang merah, kacang kedelai, kacang polong, buncis, dan lain-lain. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi 75 g kacang-kacangan di setiap harinya bisa menstabilkan kadar gula darah dan juga insulin Anda.

7. Tertawa
Tertawa bisa menjadi obat yang paling murah untuk mengontrol kadar gula darah. Ilmuwan jepang mengungkapkan bahwa penderita diabetes yang menonton film komedi setelah makan malam, diketahui mengalami penurunan kadar gula darah dibandingkan dengan mereka yang hanya menyaksikan acara-acara membosankan.

Untuk tips lebih tepatnya, sebaiknya konsultasikan masalah kesehatan Anda kepada dokter-dokter yang telah berpengalaman dibidangnya.