7 Cara Jitu Mengatasi Insomnia

Tips Sehat dan Cantik - Insomnia merupakan gangguan tidur yang membuat seseorang merasa kesulitan untuk bisa tidur sesuai dengan yang diinginkannya. Bukan hanya sebelum tidur, bahkan sesudah bangun tidur pun biasanya akan diikuti pula oleh berbagai gangguan fungsional tubuh.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan insomnia, beberapa diantaranya adalah stres, mengonsumsi obat-obatan, ruangan yang kurang nyaman, sakit pada bagian tubuh tertentu, dan lain sebagainya.

Meskipun insomnia bisa terjadi kepada pria dan wanita. Akan tetapi, wanita cenderung lebih banyak memiliki masalah gangguan tidur bila dibandingkan pria. Namun, Anda masih bisa kok untuk untuk mengatasi gangguan masalah tidur seperti ini. Berikut adalah 7 cara mengatasi insomnia yang bisa Anda coba.
cara mengatasi insomnia
Ilustrasi insomnia via webmd.com
1. Berjemur di pagi hari
Ketika bangun pagi, usahakan luangkan waktu sejenak untuk berjemur di pagi hari. Sinar matahari yang meresap kedalam tubuh akan mengatur munculnya homon tidur, yakni melatonin yang akan membuat Anda bisa tidur di malam hari.

Lakukan langkah pertama ini secara rutin. Anda bisa melakukannya dengan cara jalan-jalan di pagi hari atau jogging dibawah sinar matahari pagi. Yang penting tubuh Anda harus merasakan hangatnya sinar matahari pagi.



2. Membaca buku
Satu jam sebelum tidur, pastikan bahwa Anda sudah tidak memainkan gadget seperti ponsel, tab, komputer, atau TV. Hal ini dikarenakan gadget bisa mengganggu dan menekan hormon tidur. Selain itu, gadget juga bisa mengganggu kelelapan tidur Anda. Lebih baik, bacalah beberapa halaman buku karena hal itu bisa membuat Anda lebih cepat tertidur.

3. Lakukan yoga
Terdapat sebuah studi yang menunjukkan bahwa melatih pernapasan atau meditasi dari yoga bisa memberikan kualitas tidur yang jauh lebih baik. Sebenarnya bukan hanya yoga saja lho, apapun jenis olahraga yang dilakukan juga bisa membuat tidur Anda menjadi lebih berkualitas. Asal, olahraga tersebut dilakukan secara rutin dengan porsi yang tepat. Anda bisa mencobanya dengan berjalan kaki selama 30 menit 5 hari per minggu.

4. Camilan sebelum tidur
Jika Anda suka ngemil sebelum tidur, alangkah lebih baik jika camilan tersebut merupakan kombinasi terbaik antara karbohidrat dan protein. Satu jam sebelum Anda pergi tidur, cobalah mengonsumsi camilan rendah gula seperti hal nya sereal gandum utuh dengan susu.

5. Kebersihan tempat tidur
Walau bagaimanapun, kebersihan tempat tidur Anda juga mesti diperhatikan. Semakin Anda nyaman dengan tempat tidur Anda, maka akan semakin mudah pula Anda untuk tertidur. Oleh karena itu, cuci dan ganti sprei minimal seminggu sekali.

6. Melatonin
Mengonsumsi suplemen seperti melatonin juga bisa membantu meningkatkan kualitas tidur Anda. Meskipun belum diketahui secara pasti berapa dosis yang tepat untuk dikonsumsi, namun Anda bisa mengkonsultasikannya terlebih dahulu kepada dokter.

Baca juga: Inilah Alasan Orang Tidak Bisa Tidur Ketika Jatuh Cinta

7. Obat tidur
Biasanya dokter memberikan resep obat tidur seperti ambeien, sonata, dan lunesta. Namun, ini juga tidak baik jika Anda memilih cara yang satu ini untuk jangka waktu yang lama.