7 Makanan Yang Mesti di Hindari Saat Berpuasa

Tips Sehat dan Cantik - Dalam waktu dekat ini umat muslim akan berjumpa kembali dengan bulan ramadhan. Seperti yang diketahui bersama, di bulan yang suci ini semua umat muslim akan menjalani suatu kewajiban, yakni berpuasa.

Bagi umat muslim, bulan ramadhan adalah bulan yang sangat ditunggu-tunggu kehadirannya. Hal ini tidaklah mengherankan karena dibulan tersebut setiap amal ibadah yang dikerjakan akan dilipat gandakan oleh Alloh Subhanahu Wa Ta’ala. Selain itu, bulan ramadhan juga adalah bulan yang penuh rahmat, penuh ampunan, dan penuh berkah.
makanan yang harus dihindari saat berpuasa
Ilustrasi makanan saat berpuasa via bersosial.com/
Ada yang perlu kita ketahui bahwa ketika berpuasa, sistem kekebalan tubuh akan menjadi lebih kuat daripada biasanya. Hal ini bisa terjadi karena pada saat berpuasa, semua sistem tubuh akan beristirahat terutama dalam hal mencerna maupun mengolah makanan. Meskipun demikian, Anda juga dianjurkan untuk menjaga tubuh supaya tetap sehat selama berpuasa.

Selama bulan puasa, sebaiknya Anda harus lebih selektif lagi dalam memilih makanan dan minuman yang akan dikonsumsi. Kenapa? Karena perlu Anda ketahui bahwa beberapa makanan tertentu dapat mengganggu kesehatan Anda selama bulan puasa. Ingin tahu apa saja makanan yang mesti dihindari ketika berpuasa? Berikut adalah 7 makanan yang harus dihindari saat berpuasa.

Makanan Yang Harus Dihindari Ketika Berpuasa

   
1. Makanan asin
Ketika Anda sahur dengan telur dadar, usahakan untuk menggunakan garam secukupnya saja alias tidak terlalu banyak. Hal ini karena makanan asin akan membuat Anda sangat mudah merasakan kehausan. Selain itu, makanan yang banyak menggunakan rempah-rempah juga memiliki efek yang sama dengan makanan asin.



Untuk mengatasi masalah seperti ini, sebaiknya Anda ganti makanan-makanan yang banyak kandungan garamnya dengan yang lebih original. Namun, bila memang Anda tidak merasa puas dengan makanan yang tidak terasa asin, maka cobalah tambahkan garam sedikit saja.

2. Makanan cepat saji
Mengonsumsi makanan cepat saji secara berlebihan tidaklah dianjurkan, apalagi di bulan ramadhan. Hal ini memang benar karena makanan cepat saji biasanya dimasak dengan cara digoreng. Seperti yang Anda ketahui, makanan yang digoreng sudah tentu akan banyak mengandung lemak. Bila dikonsumsi berlebih, maka hal itu akan mengakibatkan kegemukan. Sebaiknya, cobalah untuk mengganti makanan cepat saji dengan makanan yang jauh lebih sehat seperti buah dan sayur.

3. Cokelat
Makanan yang satu ini memang sangat lezat sehingga tidak heran banyak orang yang menyukainya. Selain enak, cokelat juga dikenal sebagai makanan yang mampu mengurangi emosi pada diri seseorang. Meskipun begitu, tetap saja makanan ini juga harus dihindari selama bulan puasa karena cokelat mengandung serat yang cukup sulit untuk dicerna. Disamping itu, mengonsumsi cokelat juga akan membuat perut Anda terasa kembung.

4. Keju
Keju merupakan makanan olahan susu yang sering disajikan bersama roti ketika sarapan. Meskipun ini adalah makanan yang baik untuk sarapan, akan tetapi hal itu tidak berlaku bila dikonsumsi pada saat sahur. Mengapa bisa begitu? Sebab keju juga hampir sama dengan cokelat, yakni mengandung serat yang cukup sulit untuk dicerna.

5. Mengandung karbohidrat terlalu banyak
Bilamana Anda sahur dengan nasi, jangan lupa untuk dibarengi pula dengan lauk pauk yang kaya akan kandungan protein seperti telur, daging, ikan, atau kacang-kacangan. Atau bisa juga dengan memilih nasi dari beras merah yang justru memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

6. Kafein
Kopi dan teh merupakan dua jenis minuman yang mengandung kafein sehingga hal itu akan mampu membuat tubuh lebih cepat dehidrasi. Bila dikonsumsi pada saat bulan puasa, hal itu sudah jelas tidaklah baik. Supaya lebih sehat, sebaiknya gantilah kedua minuman tersebut dengan jus buah atau sop buah.

7. Mengandung banyak gula
Anda mungkin sering mendengar dengan sebuah kalimat “berbukalah dengan yang manis”. Kalimat tersebut memang benar, tapi kebanyakan orang malah justru salah mengartikannya. Berbuka dengan yang manis lebih dianjurkan untuk makanan seperti madu asli atau buah-buahan yang segar dan manis seperti halnya kurma.

Setelah membaca artikel diatas, sekarang Anda sudah selangkah lebih maju untuk mempersiapkan diri menantikan bulan yang penuh berkah. Semoga artikel mengenai makanan yang harus dihindari saat berpuasa ini bermanfaat ya...