7 Tips Menghilangkan Bau Badan (Paling Mudah)

Tips Sehat dan Cantik - Hampir bisa dipastikan bahwa semua orang yang hidup didunia ini tidak suka dengan bau badan. Oleh karena itu banyak diantara kita yang merasa kurang percaya diri ketika pergi keluar rumah tanpa menyemprotkan parfum terlebih dahulu. Cara menghilangkan bau badan dengan memanfaatkan wangi dari parfum memang cukup bagus, akan tetapi pada halaman ini kami telah memberikan beberapa tips menghilangkan bau badan yang bisa dikatakan jauh lebih efektif. Sebelum kami memberikan solusinya, sebaiknya kita harus tahu dulu kenapa tubuh bisa menimbulkan aroma yang tidak sedap.

Pada umumnya orang beranggapan bahwa bau badan terjadi karena adanya keringat. Padahal, keringat itu sebenarnya tidak berbau. Yang membuat keringat menimbulkan aroma yang tidak sedap karena keringat tersebut bercampur dengan bakteri.

Ada dua jenis keringat yang dihasilkan oleh suatu kelenjar yang ada dalam tubuh kita, yaitu kelenjar accriane dan apocrine. Kedua jenis kelenjar tersebut masing-masing memiliki peranan yang berbeda. Untuk kelenjar accrine, ia akan menghasilkan kelenjar bening yang tidak berbau. Sejak kita masih bayi, kelenjar tersebut sudah diproduksi dan biasanya keluar pada dahi, telapak tangan, dan punggung.

Sedangkan kelenjar apocrine biasanya hanya keluar pada tempat-tempat tertentu yang erat hubungannya dengan rambut. Misalnya, hidung, ketiak, dan lain-lain. Pada masa pubertas, biasanya produksi kelenjar ini bakalan meningkat.
tips alami menghilangkan bau badan
Ilustrasi foto: mademan.com
Cara menghilangkan bau badan berikut ini kami sajikan untuk Anda yang mungkin mempunyai masalah dengan bau badan. Apa saja tipsnya? Simak tipsnya dibawah ini.

Tips Menghilangkan Bau Badan

Mandi secara teratur
Bakteri akan mudah sekali berkembang biak bila kita jarang mandi. Nah, cara mengatasi bau badan yang paling mudah dilakukan adalah dengan mandi setiap hari secara teratur, minimal dua kali dalam sehari.

Hindari makan-makanan penyebab bau badan
Pernahkah Anda mendengar kalimat seperti ini, “Anda adalah apa yang Anda makan”. Sepertinya kalimat tersebut ada benarnya juga. Tahukah Anda bahwa setiap makanan yang masuk kedalam tubuh kita akan memberikan efek baik atau buruk terhadap tubuh, baik itu memberikan efek terhadap penampilan kulit atau bisa juga bau badan. Mengonsumsi makanan yang memiliki bau menyengat seperti bawang merah atau bawang putih dapat menimbulkan bau badan tidak sedap.

Jadi, biasakan untuk menjaga pola makan yang sehat dan seimbang. Rajin-rajinlah mengonsumsi sayuran hijau dan buahan-buahan, karena makanan tersebut mengandung banyak vitamin dan mineral yang efektif untuk menangkal bakteri sebagai penyebab utama timbulnya bau badan tidak sedap.

Penuhi cairan tubuh Anda
Kekurangan cairan rupanya dapat menimbulkan bau badan tidak sedap. Untuk itu perbanyaklah minum air mineral karena air mineral berfungsi untuk menggantikan cairan tubuh yang telah hilang. Selain itu, air mineral juga akan membantu proses detoksifikasi.

Gunakan pakaian yang tepat
Pakaian yang tepat tidak hanya memberikan rasa nyaman terhadap si Pemakainya. Akan tetapi pakaian yang tepat dapat membuat keringat menguap secara alami. Pilihlah jenis pakaian berbahan kain katun, usahakan untuk tidak menggunakan pakaian yang terlalu ketat dan sempit serta berbahan fiber sintetis atau polyester.

Konsumsi rempah-rempah
Tips menghilangkan bau badan selanjutnya adalah dengan mengonsumsi rempah-rempah. Menurut Every Green Herb, mengonsumsi rempah-rempah yang berbau harum mampu mengurangi bau tak sedap di tubuh. Untuk itu, cobalah konsumsi cengkeh, jahe, kunyit, kayu manis, pala, mint, dan lain-lain. Bila Anda tidak suka mengonsumsinya secara langsung, Anda bisa menyajikannya dalam bentuk minuman dengan diberi sedikit tambahan gula didalamnya.

Klorofil
Klorofil berfungsi untuk membersihkan tubuh dari dalam serta menyingkirkan bau tak sedap secara alami. Untuk mendapatkan manfaat klorofil, Anda bisa memperolehnya dengan mengonsumsi cairan klorofil dalam kemasan atau bisa juga dengan memperbanyak makan sayuran hijau yang masih segar.

Cukur ketiak
Rambut yang tumbuh di area ketiak dan genital dapat membuat keringat dan bakteri terjebak di ketiak. Oleh sebab itu, mencukur ketiak juga merupakan tips menghilangkan bau badan yang paling mudah untuk dilakukan.

 Simak juga artikel pendukungnya, seperti Cara Menghilangkan Bulu Ketiak

Itulah tips menghilangkan bau badan yang paling mudah dan bisa Anda coba lakukan dirumah. Lakukanlah secara teratur dan apabila masih belum hilang, sebaiknya konsultasikan ke dokter.