Cara Mudah Atasi Kulit Berminyak

Tips Sehat dan Cantik - Mempunyai kulit berminyak bagi sebagian orang mungkin bisa menjadi masalah yang besar bagi mereka. Kenapa? bagi mereka kulit berminyak bisa mengganggu penampilan mereka. Terganggunya sebuah penampilan bisa mengurangi tingkat kepercayaan diri yang ada mereka. Ketika rasa percaya diri menurun, kualitas kerja pun akan akan ikut menurun dan itu tentu bermasalah, bukan?

Perlu Anda ketahui bahwa minyak yang diproduksi oleh tubuh bisa membantu menjaga kulit Anda tetap lembap dan sehat, asalkan jumlah minyak yang dihasilkan itu tidak berlebihan. Karena kalau berlebihan, hal itu bisa mempermudah timbulnya jerawat pada wajah Anda. Kulit berminyak bisa disebabkan oleh obat-obatan, faktor genetik, kosmetik, pola makan, perubahan hormon, pergantian musim, dll. Selain itu, kulit berminyak juga dihasilkan dari kelenjar sebaceous yang bekerja secara berlebihan.
Cara Mudah Atasi Kulit Berminyak
Mengatasi kulit berminyak harus dilakukan dengan cara yang tepat. Pasalnya, ketika Anda melakukan sebuah perawatan yang tepat untuk mengatasi kulit berminyak, jenis kulit yang satu ini bisa berpotensi untuk tetap terlihat awet muda. Cara mengatasi kulit berminyak bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti dibawah ini.

Cara Mudah Atasi Kulit Berminyak


1. Gunakan pembersih wajah
Membersihkan wajah di pagi dan malam hari bisa memperkecil kemungkinan Anda untuk memiliki kulit wajah berminyak. Untuk membersihkan wajah, Anda bisa menggunakan gentle cleanser dengan lembut. Busa yang dihasilkan dari pembersih wajah tersebut disinyalir mampu mengeluarkan dan mengangkat minyak pada wajah Anda.

2. Gunakan tabir surya
Untuk melindungi kulit Anda dari sinar UV yang dapat membahayakan kulit, Anda bisa menggunakan tabir surya dengan SPF 30. Disarankan pula untuk menggunakan tabir surya yang bebas minyak atau oil free sunscreen.

3. Masker
Menggunakan masker bukan hanya untuk mencerahkan dan mengencangkan kulit wajah saja, tetapi penggunaan masker juga dapat membantu mengurangi minyak pada kulit serta membersihkan pori-pori. Untuk membuat masker dengan menggunakan bahan-bahan yang alami, Anda bisa simak Artikel kami di cara membuat masker alami dengan madu dan jeruk nipis atau bisa juga simak di artikel cara membuat masker semangka untuk kulit kencang dan awet muda.

4.Daun seledri
Coba Anda ambil beberapa daun seledri kemudian potong-potong hingga menjadi kecil. Masukan potongan daun seledri kedalam wadah yang bersisi air mendidih selama kurang lebih 15-20 menit. Lalu ambil daunnya, dan biarkan air hasil daripada rendaman tadi menjadi dingin. Setelah itu, oleskan air seledri yang sudah dingin pada wajah, biarkan beberapa saat hingga air tersebut meresap sempurna pada kulit wajah Anda. Anda bisa melakukan perawatan ini secara rutin setiap 2 kali sehari.

5. Makanan
Makanan yang Anda konsumsi memberikan pengaruh yang luar biasa terhadap kulit. Cobalah untuk mengonsumsi beberapa makanan yang banyak mengandung protein, vitamin B5, Vitamin B2, dan Vitamin E. Selain itu, perbanyaklah mengonsumsi air putih karena air putih mampu membersihkan racun dari dalam tubuh.

Itulah cara mudah atasi kulit berminyak yang bisa Anda lakukan dirumah. Lakukan perawatan tersebut secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Apabila dengan cara diatas kulit Anda masih saja berminyak, cobalah untuk konsultasikan ke dokter spesialis.