Ternyata, Jalan Sehat Bisa Membuat Kapasitas Otak Lebih Besar

Kebanyakan dari kita sudah tahu bahwa jalan-jalan sehat, apalagi kalau hal tersebut kita lakukan dipagi hari maka tubuh kita akan terasa lebih bugar sekaligus untuk menghilangkan rasa stress. Tahukah Anda bahwa selain manfaat tersebut, ternyata masih ada lagi manfaat lainnya yang bisa kita peroleh dari jalan sehat. Sebuah penelitian terbaru berhasil mengungkapkan bahwa jalan sehat juga bisa meningkatkan kapasitas otak yang berkaitan dengan memori.

Penelitian telah membuktikan bahwa jalan sehat yang dilakukan selama 3x dalam seminggu bisa meningkatkan kapasitas bagian otak yang bernama hippocampus. Bagian ini berkaitan erat sekali dengan ingatan yang merupakan area pertama yang akan rusak ketika manusia terkena alzheimer. Tak hanya itu, peneliti juga telah menjelaskan bahwa peningkatan kapasitas otak ini dapat membuat otak lebih muda hingga dua tahun.

jalan jalan sehat

Hasil tersebut didapatkan peneliti setelah melakukan pengamatan terhadap 120 pria dan wanita berusia 55 sampai 80 tahun. Partisipan diminta untuk berjalan-jalan selama 40 menit tiga kali seminggu. Biasanya, otak akan mengerut sejalan dengan bertambahnya usia. Namun kebiasaan berjalan-jalan ini menyebabkan bagian hippocampus justru tumbuh dua persen lebih besar.

Sayangnya hal ini hanya berlaku pada jalan-jalan sehat. Melakukan olahraga yang cukup berat ternyata tak bisa membantu otak untuk berkembang. Hal ini diketahui peneliti setelah meminta partisipan lainnya untuk melakukan olahraga berat selama satu tahun. Hasilnya, bagian hippocampus tetap mengerut sebanyak 1,5 persen.

Ketua peneliti Dr Krik Erickson dari University of Pittsburgh menjelaskan bahwa meski jalan-jalan sehat bukan satu-satunya cara untuk mencegah penyakit otak, namun cara ini bisa digunakan untuk menjaga kesehatan otak, terutama bagian hippocampus. Dr Erickson juga menyarankan agar masyarakat menggabungkan olahraga ringan seperti jalan sehat dengan melakukan permainan yang mengasah otak seperti puzzle, catur, dan lainnya.

Apabila otak kita ingin lebih muda dan juga sehat, serta bertambah kapasitasnya, jangan ragu untuk segera membiasakan diri melakukan jalan-jalan sehat setiap hari. Seorang ahli psikologi dari University of Illinois, Alizabeth Stine-Morrow, menjelaskan bahwa tak ada kata terlambat untuk memulai. Anda bisa membuat perubahan terhadap kesehatan otak Anda sedini mungkin dengan memulai kebiasaan sehat dari sekarang.