5 Manfaat Jamur yang Baik Untuk Kesehatan

Pada umumnya jamur sering dianggap sebagai sayuran, namun jamur bisa menyediakan berbagai macam nutrisi yang biasanya ditemui didalam daging, kacang kacangan, dan biji-bijian. Semua jenis jamur, baik itu seperti portobello, shitake, hingga jamur kancing semuanya kaya akan nutrisi penting dan juga rendah kalori.

Nah, daripada bingung memikirkan apa saja manfaatnya, lebih baik kita simak bersama tentang Manfaat yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi jamur ini antara lain sebagai berikut :

5 Manfaat Jamur yang Baik Untuk Kesehatan

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Tahukah Anda bahwa jamur bisa meningkatkan sistem imun Anda dengan cara meningkatkan produksi protein dan antivirus yang bermanfaat untuk melindungi sel tubuh dan memperbaiki jaringan tubuh. Disamping itu, jamur juga dapat meningkatkan kesehatan sel dendritik yang ada di dalam sumsum tulang Anda untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari invasi mikroba.

2. Mengontrol berat badan
Jika Anda sedang menjalankan program diet, Anda dapat mencoba mengganti konsumsi daging dengan jamur. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi jamur dapat menunjukkan perbaikan dalam komposisi tubuh seperti pengurangan lingkar pinggang dan penurunan berat badan.

3. Sumber vitamin D
Sama seperti tubuh manusia, jamur juga akan memproduksi vitamin D ketika terkena sinar matahari. Bahkan ketika mengonsumsi ekstrak jamur kancing maka Anda akan mendapatkan nutrisi vitamin D2 dan D3.

4. Melawan kanker
Jamur adalah makanan alami yang mampu melawan kanker. Mengonsumsi jamur secara teratur dapat menurunkan resiko terkena kanker payudara. Selain itu jamur shitake juga dikenal mampu menghambat pertumbuhan tumor.

5. Sumber antioksidan
Jamur merupakan sumber antioksidan yang baik. Zat antioksidan seperti selenium bermanfaat untuk melindungi sel-sel tubuh dari gangguan kesehatan yang mampu menyebabkan penyakit kronis.

Demikian manfaat penting jamur untuk kesehatan tubuh Anda. Namun jamur juga membutuhkan kecermatan dalam pemilihan dan pengolahannya. Oleh karena itu sebelum mengonsumsinya, sebaiknya Anda perlu berhati-hati. Selamat mencoba!