Manfaat Kafein Yang Berguna Untuk Kesehatan

Tips Sehat dan Cantik - Kafein merupakan senyawa alkaloid xantina berbentuk kristal yang memiliki rasa pahit. Kafein bisa ditemukan pada beberapa tumbuhan seperti teh, kakao, biji kopi, maupun kopi cokelat. Jumlah kafein yang terkandung dalam setiap tumbuhan biasanya berbeda-beda. Contohnya, kandungan kafein yang ada pada kopi arabika akan lebih rendah bila dibandingkan dengan kandungan kafein yang terdapat pada kopi robusta.
manfaat kafein
Ilustrasi biji kopi via bodybuilding.com
Perlu diketahui bahwa kandungan kafein dalam teh juga cukup banyak, hanya saja dampak yang diberikan kafein dalam teh tidak sekuat yang ada pada biji kopi yang telah dijadikan bubuk kopi. Meskipun banyak orang yang menilai bahwa kafein tidak baik bagi tubuh, namun jika dosinya tepat, hal itu akan memberikan dampak positif terhadap tehadap tubuh Anda. Berikut ini merupakan beberapa manfaat kafein yang baik untuk kesehatan.

7 Manfaat Kafein Terhadap Kesehatan


1. Mengembalikan stamina setelah berolahraga
Tidak banyak yang tahu bahwa sebenarnya kafein itu bisa mengembalikan stamina tubuh setelah berolahraga. Supaya hasilnya lebih optimal, disarankan untuk mengonsumsi minuman berkafein dan makanan berkarbo. Kombinasi keduanya ini efektif untuk mengisi kembali glikogen otot yang hilang pada saat olahraga sehingga akhinya bisa mempercepat proses regenerasi otot. Disamping itu, kafein juga bisa mengobati nyeri otot setelah berolahraga.



2. Meningkatkan memori otak
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Johns Hopkins University di Amerika Serikat mengungkapkan bahwa kafein mampu meningkatkan daya ingat atau memori otak. Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan setidaknya 160 orang. Sebagian dari partisipan diberi kafein sebanyak 200 mg dan sebagiannya lagi hanya diberikan kafein buatan. Mereka yang diberi 200 mg kafein ternyata mengalami peningkatan daya ingat sehingga mampu mengingat gambar-gambar yang telah diberikan sebelumnya. Nah, jika Anda menginginkan daya ingat kembali meningkat, Anda bisa mencobanya dengan mengonsumsi kafein.

Baca juga: 7 Kebiasaan Sederhana Ini Bantu Otak Tetap Tajam

3. Mengurangi depresi
Senyawa alkaloid xantina pada kafein dapat merangsang keluarnya zat dopamine, yakni neurotransmitter yang berfungsi untuk memberikan kesenangan pada otak. Dengan demikian, rasa senang yang kembali meningkat akan membantu mengurangi depresi yang sedang dialami.

4. Membantu turunkan berat badan
Manfaat kafein berikutnya adalah membantu Anda dalam hal menurunkan berat badan. Berdasarkan penelitian, kafein bisa membantu menekan nafsu makan seseorang. Artinya, orang yang mengonsumsi kafein dapat membuatnya terhindar dari rasa lapar. Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, mengonsumsi kafein dengan dosis yang tepat bisa membantu melancarkan program diet Anda.

5. Mengurangi risiko diabetes
Diabetes merupakan penyakit yang diakibatkan oleh berkurangnya kemampuan tubuh dalam menyerap gula dan mengubahnya menjadi energi. Seseorang yang menderita diabetes tentu saja harus memerhatikan makanan yang akan dikonsumsinya. Karena kalau tidak, hal itu akan memperburuk kondisi penyakitnya. Sebelum semuanya terlambat, Anda juga bisa mencegah diabetes dengan mengonsumi kafein yang memiliki cita rasa pahit.

6. Mencegah kanker kulit
Manfaat kafein yang berikutnya ini adalah membantu Anda terhindar dari penyakit kanker kulit. Menurut penelitian, seseorang yang rutin mengonsumsi kafein dalam dosis yang tepat, maka peluang menderita kanker kulit akan lebih kecil bila dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi kafein.

7. Menghilangkan rasa kantuk
Manfaat kafein yang satu ini memang paling terkenal diantaranya yang lainnya. Banyak orang yang memilih minum kopi ketika rasa kantuk mulai melanda. Hal ini memang terbukti karena kafein bersifat sebagai perangsang psikoaktif dan diuretik ringan yang membuat produksi hormon adrenalin menjadi lebih banyak. Sehingga, hal inilah yang nantinya akan membuat tubuh terasa lebih segar dan rasa kantuk pun jadi hilang.

Nah, itulah beberapa manfaat kafein yang memberikan dampak positif terhadap tubuh Anda. Meskipun memiliki banyak manfaat, pastikan bahwa Anda tidak mengonsumsinya secara berlebihan.