7 Kebiasaan Sederhana Ini Bantu Otak Tetap Tajam

Tips Sehat dan Cantik - Kita tahu bahwa otak merupakan salah satu bagian dari tubuh yang mempunyai peranan dan fungsi yang sangat penting. Oleh karena itu menjaga otak supaya tetap sehat dan tajam tentu saja sangatlah diperlukan. Bila otak kita tajam, maka aktivitas kita sehari-hari pun akan lebih mudah untuk dijalani. Bukan hanya itu saja, otak yang tajam juga akan mempunyai daya ingat yang kuat sehingga nantinya akan membuat kita terhindar dari penyakit Alzheimer.
kebiasaan sederhana bantu otak tetap tajam
Meditasi via duniafitnes.com
Ada banyak cara yang bisa dilakukan Untuk menjaga otak kita supaya tetap tajam dan berfungsi secara maksimal. Namun, beberapa kebiasaan kita pun ada juga lho yang dapat menjadikan otak tetap tajam. Apa saja kebiasaan-kebiasaan tersebut? Berikut adalah kebiasaan-kebiasaan yang mempunyai pengaruh baik untuk otak kita.

Bertemu dengan orang baru
Bertemu dengan orang baru memang selalu menyenangkan. Selain bisa menjadi teman baru, bertemu dengan orang baru pun dapat membuat pikiran menjadi lebih terbuka. Belum lagi bila orang baru tersebut mempunyai berbagai macam latar belakang, tentu hal ini akan menambah wawasan dan informasi baru bagi kita. Dengan demikian hal ini akan memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan maupun perkembangan otak kita.

Bersama dengan orang paling dicintai
Sering berdekatan dengan orang yang dicintai ternyata mempunyai pengaruh yang cukup besar untuk kehidupan kita. Pasalnya, hal tersebut dapat mengurangi tingkat stres seseorang dan membuat hidup terasa jauh lebih bahagia. Selain itu, adanya orang yang paling dicintai disisi kita pun akan membangkitkan ketajaman otak kita.

Melakukan aktivitas baru
Mempelajari hal-hal baru bukan hanya sekedar bermanfaat untuk menambah wawasan baru saja, akan tetapi hal itu juga baik untuk menantang kemampuan otak kita. Bila otak kita terus dilatih dengan hal-hal baru, maka neuron di otak akan terbuka. Dengan begitu, otak akan cenderung lebih tajam bila terus dilatih dengan hal-hal yang baru.

Rajin berolahraga
Tidak bisa dipungkiri bahwa olahraga selain baik untuk menjaga kesehatan tubuh, olahraga juga bisa menjadi salah satu aktivitas menyehatkan bagi otak kita. Orang yang banyak melakukan aktivitas fisik seperti hal nya olahraga, akan membuat pikiran cenderung aktif. Sehingga hal inilah yang nantinya akan membuat otak menjadi tajam.

Meditasi
Meditasi adalah salah satu aktivitas yang akan membuat pikiran seseorang menjadi lebih tenang, santai, dan tidak stres. Bila setiap harinya otak kita dalam kondisi seperti ini, maka hal tersebut akan memberikan pengaruh yang luar biasa terhadap perkembangan otak dan menjadikannya lebih tajam.

Makan makanan sehat
Makanan yang kaya akan nutrisi tidak hanya dibutuhkan oleh tubuh saja, tetapi otak kita pun sangat memerlukan makanan tersebut. Dengan mengonsumsi makanan-makanan seperti inilah sel-sel otak menjadi lebih sehat dan nantinya akan menjadikan otak kita lebih tajam.

Tidur yang cukup
Setelah seharian beraktivitas, tubuh akan mulai terasa lemas sehingga membutuhkan waktu untuk istirahat. Tidur merupakan waktu yang paling tepat untuk mengistirahatkan tubuh dan membantu otak untuk memproduksi sel-sel baru. Oleh karena itu biasakan diri Anda untuk selalu memiliki waktu tidur yang cukup di setiap malamnya.

Ternyata cara untuk membuat otak kita tetap tajam tidak terlalu sulit, bukan? Mulai dari sekarang cobalah luangkan waktu sejenak saja supaya kita bisa melakukan beberapa aktivitas diatas yang tentunya bermanfaat untuk otak kita.

Apakah Anda sudah punya seorang anak? Coba deh simak artikel yang satu ini 7 Langkah Mudah Cerdaskan Otak Anak