5 Tanaman Herbal Yang Bagus Untuk Kesehatan

Tips Sehat dan Cantik - Tanaman herbal memang sangat baik untuk kesehatan, sehingga tak jarang tanaman ini seringkali digunakan sebagai obat alami. Beberapa tanaman herbal ada juga yang biasa dijadikan sebagai bumbu dapur, dan mungkin saja Anda tidak mengetahuinya bahwa bumbu dapur yang selamai ini digunakan untuk memasak adalah keluarga tanaman herbal yang mempunyai berbagai khasiat dalam mengobati suatu penyakit atau menjaga kesehatan Anda.

Tahukah Anda apa saja tanaman herbal yang biasa dijadikan sebagai bumbu tambahan suatu masakan? Berikut adalah 5 tanaman herbal yang baik untuk kesehatan.
manfaat tanaman herbal
Ilustrasi tanaman herbal via wallcoo.net
1. Daun seledri
Anda mungkin sering menemukan daun seledri hadir dalam menu sop sayur atau soto. Meskipun sangat jarang dimasak sebagai bahan utama, akan tetapi manfaat yang dimiliki oleh daun seledri sangat baik untuk mencegah kanker dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.



Bila Anda sedang menjalani masa kehamilan, seledri juga baik untuk menjaga kesehatan janin dikarenakan adanya kandungan asam folat dan vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan.

2. Daun basil dan kemangi
Daun kemangi lebih sering ditemui dalam menu lalapan. Daun berwarna hijau ini masih termasuk kedalam salah satu anggota keluarga basil. Rasanya yang mirip dengan daun mint ini ternyata mempunyai beragam manfaat yang baik untuk kesehatan. Salah satu manfaatnya adalah mencegah serangan penyakit dengan cara memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Bagi Anda yang sedang melakukan diet, kemangi dan basil juga baik untuk ditambahkan kedalam salad diet karena daun tersebut rendah kalori dan nol kolesterol. Disamping itu, daun ini juga memiliki kandungan antioksidan dan vitamin K yang sangat baik untuk memperkuat kepadatan tulang dan gigi.

3. Daun bawang dan kucai
Daun bawang dan kucai mengandung antioksidan yang cukup tinggi yang dapat memberikan kekuatan pada imun dan sekaligus membantu menurunkan kadar kolesterol. Tidak hanya itu, kedua tanaman herbal itu juga memiliki sifat sebagai anti-jamur, anti-mikroba, anti-septik, dan anti-inflamasi yang baik untuk mengatasi masalah kulit dan rambut.

4. Daun dan biji ketumbar
Tidak hanya daunnya saja yang bermanfaat, biji ketumbar juga sangat baik untuk mengoptimalkan fungsi organ tubuh dna sebagai aromaterapi yang sehat. Kandungan vitamin K yang tersimpan pada daun dan biji ketumbar pun sangat baik untuk membantu produksi sel darah merah dan membangun masa tulang.

5. Serai/sereh
Daun serai yang diseduh dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang. Hal ini dikarenakan aromanya yang begitu hangat mampu melepaskan stres. Selain itu, daun serai juga berperan sebagai anti-inflamasi, anti-septik, anti-jamur, dan anti-mikroba yang baik untuk membantu mengatasi masalah penyakit kulit.

Itulah 5 tanaman herbal yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur. Selain dapat menambah citarasa pada suatu masakan, tanaman herbal juga baik untuk kesehatan.