5 Langkah Mudah Memulai Meditasi

Tips Sehat dan Cantik - Anda merasa kebingungan untuk memulai meditasi? Nah, kali ini kami akan mencoba membagikan tips sederhana mengenai 5 langkah paling mudah untuk memulai meditasi. Dalam menjalani kehidupan ini, tentunya kita tidak akan pernah lepas dari yang namanya masalah. Dengan adanya masalah inilah kemudian seseorang mulai tidak bisa menahan emosinya.

Nah, untuk menjaga agar emosi tetap terkontrol oleh Anda maka dibutuhkanlah yang namanya meditasi. Fungsi ataupun manfaat dari meditasi itu sendiri rasanya Anda pun sudah mengetahuinya kan? Yaitu untuk melatih ketenangan dan kesehatan mental serta pikiran.

Untuk seorang pemula mungkin akan merasa kebingungan bagaimana cara memulai meditasi yang baik dan benar. Kalau Anda berniat ingin memulai meditasi, sebaiknya Anda coba ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Tips Memulai Meditasi Bagi Pemula

5 Langkah Mudah Memulai Meditasi
Buatlah sebuah tujuan dalam melakukan meditasi
Setiap orang mempunyai tujuan yang berbeda-beda mengapa dirinya mau melakukan meditasi. Pada umumnya, kebanyakan orang melakukan meditasi karena mereka menginginkan sebuah ketenangan dan kedamaian untuk pikiran mereka. Ada juga yang menginginkan untuk menyembuhkan penyakit, mengatur ketenangan emosi, meningkatkan kreativitas, dan juga memperkuat kemampuan alam bawah sadarnya.

Apabila Anda sudah mempunyai tujuan dalam melakukan meditasi maka Anda akan lebih mudah untuk bisa fokus dan mampu meraihnya lebih baik lagi. Jadi, usahakan sebelum memulai meditasi harus mempunyai tujuan yang jelas supaya Anda nanti tidak bingung apa yang harus Anda fokuskan.

Pilihlah waktu yang tepat
Cara kedua yang bisa dilakukan untuk memulai meditasi adalah dengan memilih waktu yang tepat. Anda bisa mencoba melakukan meditasi dalam waktu yang sama di setiap harinya atau bisa juga melakukannya dengan 2-3 kali dalam satu minggu. Waktu yang paling tepat untuk memulai meditasi adalah subuh menjelang pagi hari, dan senja saat menjelang malam hari.

Cari tempat yang tenang dan sunyi
Untuk lebih memudahkan Anda dalam bermeditasi maka tempat merupakan salah satu faktor terpenting untuk Anda. Bagaimana mungkin meditasi yang Anda lakukan memberikan hasil yang baik apabila Anda melakukannya di tempat keramaian. Untuk orang yang sudah ahli mungkin tidak masalah, akan tetapi kalau untuk pemula lebih baik pilihlah tempat yang tenang dan juga sunyi.

Tempat tenang disini bukan berarti Anda harus meditasi di gua yang gelap, sesak dan penuh dengan kelelawar ya. Sebetulnya dirumah sendiri pun bisa juga untuk dijadikan tempat Anda meditasi asalkan rumah Anda tenang dan sunyi pastinya. Tambahkan sedikit lilin aromaterapi atau bisa juga dengan memberikan pengharum ruangan yang bisa memberikan ketenangan pada diri Anda.

Pakaian yang nyaman
Pakaian yang Anda kenakan juga memberikan kontribusi yang besar terhadap meditasi Anda. Anda tidak perlu menggunakan pakaian ketat ataupun memakai sepatu kalau sekiranya Anda benar-benar tidak menyukainya. Pilihlah pakaian yang benar-benar nyaman menurut Anda. Meskipun masih mengenakan pakaian tidur, kalau itu memang nyaman buat Anda kenapa tidak, iya kan?
Meditasi itu bukan melihat pada suatu penampilan, tapi lebih menitik beratkan kepada apa yang membuat Anda nyaman. Karena dengan rasa nyaman inilah meditasi bisa dilakukan dengan sangat baik.

Lakukan pemanasan dan peregangan terlebih dahulu
Meskipun meditasi bukan olahraga yang berat, namun setiap olahraga memerlukan yang namanya pemanasan dan peregangan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan supaya peredaran darah menjadi lebih lancar dan menghindari kram pada saat melakukannya.

Mungkin itulah tips memulai meditasi yang bisa kami informasikan kepada Anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya..