7 Tips Supaya Anda Terlihat Tetap Awet Muda

Awet muda merupakan dambaan bagi setiap orang. Kebanyakan orang ingin selalu terlihat lebih awet muda dan mungkin saja Anda juga termasuk salah satu dari mereka. Namun tidak semua orang tahu bagaimana cara untuk tetap terlihat awet muda. Tua memang bukanlah pilihan, akan tetapi kita bisa memperlambat proses penuaan dini supaya kita bisa tetap terlihat awet muda. Ada banyak cara yang bisa kita tempuh untuk menjaga agar kita tetap terlihat awet muda. Mulai dari cara yang biasa, sampai cara yang ekstrem pun juga tersedia. Kita tinggal memilih mana yang tepat dan sesuai untuk diri kita.

Supaya Anda Terlihat Tetap Awet Muda

Gaya hidup sehat merupakan salah satu langkah kecil yang bisa Anda tempuh untuk tetap awet muda. Oleh karena itu, disini kami akan memberikan informasi yang lebih mengutamakan cara yang alami, supaya Anda selalu tampil awet muda. Berikut ini 7 tips mudah yang bisa Anda coba, diantaranya :

1. Bersihkan wajah
Membersihkan wajah terutama menjelang tidur itu sangat baik manfaatnya. Tujuan Anda membersihkan wajah adalah untuk membersihkan sisa-sisa pemakaian make-up, debu, serta keringat yang menempel di kulit wajah Anda. Apabila sisa make-up, debu, dan keringat masih menempel di kulit wajah, maka hal tersebut dapat memperlambat proses regenerasi kulit. Selain itu, hal tersebut juga dapat memicu terjadinya jerawat, wajah memerah, dan rasa gatal. Kalau Anda seorang muslim, maka Anda tidak akan menyadarinya karena setiap hari Anda sudah membersihkan wajah Anda minimal 5 kali dalam sehari yaitu pada saat Anda hendak melakukan ibadah sholat.

2. Hindari stress
Sebuah penelitian menunjukan bahwa diantara 60-90% kunjungan ke psikiatris berhungan dengan yang namanya stress. Stress juga merupakan salah satu faktor yang bisa mempercepat proses penuaan dini seseorang. Cara yang paling mudah dan juga murah untuk menghindar dari stress adalah dengan melakukan meditasi secara teratur kurang lebih 10 menit dalam sehari.

Caranya adalah cobalah Anda duduk di tempat yang Anda anggap paling tenang, kemudian pejamkan mata Anda, lenturkan atau rilekskan semua otot bagian tubuh, serta tarik nafas dalam-dalam dan keluarkan secara perlahan-lahan.

3. Konsumsi makanan tinggi serat
Dr. Oz telah menjelaskan bahwa salah satu kunci untuk tetap terlihat awet muda adalah dengan menjaga kesehatan pencenaan Anda. Untuk menjaga sistem percernaan, setidaknya Anda membutuhkan 25 gram serat setiap harinya. Serat bekerja untuk membantu Anda dalam menjaga nutrisi yang ada pada tubuh yang Anda dapatkan dari mengonsumsi makanan. Selain itu, serat juga bekerja untuk melepaskan nutrisi yang ada apabila di butuhkan. Untuk mendapatkan serat, maka Anda harus sering-sering mengonumsi buah-buahan dan juga sayuran.

4. Mengkonsumsi omega-3
Omega-3 bisa kita dapatkan dari ikan salmon, kenari, serta biji-bijian. Kandungan omega-3 membantu Anda untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini. Fungsi daripada omega-3 yang sebenarnya adalah untuk menjaga Anda agar tetap selalu sehat dan membuat kulit Anda senantiasa bercahaya.

5. Gunakan Masker
Sebeum Anda beranjak tidur, sebaiknya gunakanlah masker. Supaya lebih aman, gunakanlah masker yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti masker madu dan jeruk nipis, masker semangka, dll. Menggunakan masker sebelum tidur bertujuan supaya kulit kita akan terlihat lebih halus dan juga lebih kencang.

6. Tidur yang cukup
Sebuah penelitian yang telah dilakukan oleh Universitas Medis Chicago menemukan bahwa kurang tidur akan mempengaruhi kadar glukosa dan fungsi endoktrin Anda kurang dari satu minggu. Para peneliti juga telah menyimpulkan bahwa kurang tidur bukan hanya menyebabkan Anda memiliki awal yang kurang prima setiap harinya, namun Anda juga akan menjadi lebih rawan terhadap beberapa penyakit seperti diabetes, hipertensi, obesitas, dan hilang ingatan.

7. Berhenti merokok
Berhenti merokok adalah salah satu tindakan yang tepat untuk memperlambat proses penuaan dini. Dr. Rippe telah mengatakan bahwa apabila Anda berusia 50 tahun dan merokok, maka Anda memotong 7 tahun usia Anda. Disamping itu, merokok juga membuat kulit Anda menjadi cepat keriput, sehingga Anda akan terlihat lebih tua.

Sekian dulu tips untuk Anda mengenai cara supaya Anda tetap terlihat lebih awet muda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!