Inilah Alasan Mengapa Kita Harus Makan Pelan-pelan

Makan merupakan salah satu aktivitas yang pasti tidak boleh terlewatkan oleh manusia. Setiap manusia membutuhkan yang namanya makanan untuk menambah energi agar bisa melakukan aktivitas sehari-hari. Contoh makan yang tidak boleh ditinggalkan adalah sarapan. Bagi orang-orang yang super sibuk, makan bisa jadi aktivitas yang sering dilakukan dengan cara yang terburu-buru, karena bagi mereka waktu yang dipergunakan untuk makan tidaklah harus berlama-lama.

Namun, kalau Anda termasuk orang-orang yang demikian, maka sebaiknya Anda harus menghindari hal tersebut dan sebaiknya Anda rubah kegitan tersebut karena hal demikian kurang baik bagi kesehatan Anda. Makan dengan cara terburu-buru akan menghilangkan konsentrasi kita pada saat makan dan hal itu bisa membuat kita tidak bisa menikmati apa yang kita makan.

Inilah Alasan Mengapa Kita Harus Makan Pelan-pelan

Dibawah ini terdapat beberapa alasan mengapa kita perlu harus menikmati makanan dengan pelan-pelan.

1. Lebih menikmati
Seperti yang telah kami sebutkan diatas, bahwa salah satu alasan kenapa kita harus pelan-pelan dalam menikmati makanan adalah agar bisa lebih menikmati. Anda akan merasa kesulitan untuk bisa menikmati makanan yang ada di hadapan kita bila kita makan dengan kecepatan tinggi. Untuk itu coba jadikan saat bersantap sebagai pengalaman berwisata kuliner yang menyenangkan sehingga perut Anda kenyang dan hati pun senang.

2. Turun berat badan
Ada sebuah studi yang menemukan bahwa dengan makan secara perlahan akan membuat Anda mengkonsumsi lebih sedikit kalori. Fakta membuktikan bwah lebih dari 10 kg berat badan bisa hilang dalam kurun waktu setahun jika Anda memprelambat kecepatan makan. Diperlukan waktu sekitar 20 menit bagi otak kita untuk mendeteksi bahwa Anda sudah kenyang. Jadi, apabila Anda makan terlalu cepat, maka Anda akan tetap makan walau sebenarnya tubuh Anda sendiri sudah melewati titik kenyang.

3. Mengurangi stress
Salah satu alasan kenapa kita harus makan pelan-pelan adalah untuk mengurangi rasa stress. Saat makan adalah saat meliburkan pikiran dari kepenatan kerja atau lainnya. Nikmati tiap makanan yang masuk kedalam mulut, nikmati saat makan Anda dan lupakan sejenak tentang laporan yang belum selesai Anda kerjakan.

4. Menyehatkan sistem pencernaan
Sistem pencernaan tidak hanya melibatkan lambung dan usus, namun juga rongga mulut. Jika Anda makan perlahan, ini berarti Anda akan mengunyah makanan dengan baik. Anda sedang memperingan kerja lambung dan usus dan memperlancar sistem perncernaan.

Nah, itulah beberapa alasan yang perlu Anda ketahui mengenai mengapa pada saat kita makan harus dengan cara pelan-pelan. Siapkah Anda mengubah kebiasaan buruk Anda mulai saat ini?