7 Manfaat Luar Biasa Berkebun Dirumah

Ada begitu banyak hal yang sangat disukai kaum wanita, salah satunya adalah bunga. Kalau Anda termasuk seorang wanita yang sangat menyukai bunga, pastinya Anda suka juga menanam beberapa Bunga di halaman rumah. Kalau memang benar demikian adanya, usahakanlah untuk memanfaatkannya sebaik mungkin. Karena berkebun dapat memberikan berbagai manfaat yang ternyata bagus untuk kesehatan Anda. Berikut ini merupakan beberapa manfaat yang bisa didapatkan ketika berkebun.
manfaat berkebun
Ilustrasi berkebun via atlanticavenuegarden.com
1. Mengurangi stres
Jika Anda hobi menanam, maka berkebun akan menjadi salah satu aktivitas paling menyenangkan yang bisa membantu Anda terhindar dari stres. Menanam memang sangat menyenangkan, apalagi kalau tanaman yang dirawat sudah berbunga dan berbuah.



2. Menjadi lebih kreatif
Tanpa Anda sadari, berkebun ternyata akan melatih Anda menjadi lebih kreatif. Ini bisa terjadi karena ketika Anda berkebun, Anda akan berusaha untuk menjadikan tahaman tersebut terlihat lebih menarik.

3. Terhindar dari rasa malas
Berkebun akan membantu Anda menjadi lebih aktif dan juga membantu Anda dalam memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Ketika Anda mempunyai waktu luang, Anda bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk merawat tanaman yang ada di halaman rumah. Dengan begitu, Anda telah melakukan pencegahan dari rasa malas.

4. Olahraga ringan
Meskipun terlihat sepele, akan tetapi berkebun membutuhkan cukup banyak tenaga lho. Beberapa aktivitas berkebun seperti memotong rumput, membersihkan taman, menggali tanah, atau yang lainnya, itu semua bisa menjadi olahraga ringan yang bisa membakar kalori.

5. Terhindar dari penyakit jantung
Terdapat sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa mereka yang bekerja di kebun dapat memperkecil risiko serangan jantung. Ini bisa terjadi apabila Anda berkebun dengan cara membuat tubuh lebih aktif sehingga membuat peredaran darah menjadi lancar.

6. Membuat bahagia
Perlu Anda ketahui bahwa melakukan aktivitas diluar ruangan akan membuat Anda lebih bahagia ketimbang terus duduk di depan komputer. Salah satu aktivitas menyenangkan yang ada diluar ruangan adalah berkebun. Dengan berkebun Anda akan senantiasa mencium aroma bunga dan melihat indahnya tanaman yang nantinya akan membuat Anda menjadi lebih rileks dan bahagia.

7. Terlihat awet muda
Berkebun diluar ruangan dengan dihiasi berbagai tanaman akan membuat tubuh Anda mendapatkan banyak oksigen, terlebih lagi untuk otak. Dengan demikian, tubuh akan menjadi lebih baik dalam meregenerasi sel tubuh yang membuat Anda terlihat awet muda.