3 Jenis Makanan Ini Membuat Rambut Anda Beruban Lebih Cepat

Tips Sehat dan Cantik - Rambut beruban merupakan salah satu pertanda bahwa orang tersebut telah berumur. Namun, dewasa ini rambut beruban ternyata bisa juga dialami oleh mereka yang masih muda. Hal ini semakin membuktikan bahwa rambut beruban tidak hanya disebabkan oleh faktor usia saja, melainkan bisa juga disebabkan oleh jenis makanan tertentu yang mengakibatkan terjadinya perubahan pada warna rambut Anda.

Mark Rosenberg, M.D, yang merupakan salah seorang ahli medis telah mengungkapkan bahwa pemutihan yang terjadi pada rambut seseorang bukan disebabkan oleh penuaan, akan tetapi hal tersebut dapat terjadi karena kurang terpenuhinya nutrisi rambut sehingga mengakibatkan memudarnya warna alami rambut.

Seringkali orang menjadi kurang percaya diri dengan rambutnya yang telah memutih. Sebagian dari mereka lebih memilih mewarnai rambutnya kembali untuk mengatasi masalah rambut yang telah beruban. Padalah, penelitian telah menunjukkan bahwa rambut yang tidak terpenuhi nutrisinya dengan baik akan menjadikannya beruban lebih cepat.
makanan penyebab rambut beruban
Rambut beruban via mensjourneyid.com
Sebenarnya ada beberapa jenis makanan tertentu yang dapat memengaruhi kesehatan rambut Anda. Nah, berikut ini setidaknya ada 3 jenis makanan yang sebaiknya Anda hindari karena ke-3 jenis makanan ini disinyalir mampu membuat rambut Anda beruban lebih cepat.

1. Soda
Sampai saat ini soda masih dianggap sebagai pemicu obesitas yang paling tinggi. Selain itu mengonsumsi soda juga dapat menggangu kesehatan mulut seperti dapat memicu terjadinya pengeroposan pada gigi. Tidak hanya sampai disitu, ternyata mengonsumsi soda juga tidak baik untuk kesehatan rambut. Pasalnya, mengonsumsi soda dapat menyebabkan tubuh Anda kekurangan magnesium.

2. Kafein
Saat ini memang banyak sekali yang menyebutkan bahwa kafein memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Hal itu memang benar, namun perlu Anda ketahui juga bahwa mengonsumsi kafein dalam jumlah yang tidak disarankan akan membuat tubuh kekurangan magnesium dalam jumlah yang besar.

3. Kandungan gula tinggi
Makanan manis memang banyak sekali penggemarnya. Hanya saja makanan manis dengan kadar gula yang tinggi tidak hanya mengganggu kesehatan mulut dan tubuh saja, melainkan ia juga akan mengganggu terhadap kesehatan rambut Anda. Mengonsumsi makanan dengan gula yang tinggi seperti pai, cake, pastri dan lain sebagainya bisa membuat magnesium keluar dari dalam tubuh Anda. Padahal, mineral magnesium itu sangatlah diperlukan oleh tubuh guna menjaga rambut supaya tetap sehat.

Itu dia 3 jenis makanan yang dapat membuat rambut Anda beruban lebih cepat. Bila usia muda Anda ingin terhindar dari rambut beruban, cobalah simak artikel 6 Makanan Pencegah Uban di Usia Muda