8 Nutrisi Penting dan Sehat Untuk Kaum Wanita

Tips Sehat dan Cantik - Semua orang tentu membutuhkan nutrisi , baik itu pria maupun wanita, baik itu balita, anak-anak, remaja, dewasa, bahkan lansia sekalipun tetap membutuhkan nutrisi disetiap harinya. Namun, kita semua tahu bahwa tidak semua orang dapat memenuhi kebutuhan nutrisinya disetiap harinya. Padahal, nutrisi itu sangat penting sekali untuk mendukung kesehatan tubuh kita. Semakin baik nutrisi yang masuk kedalam tubuh, maka akan semakin baik pula kesehatan tubuh yang dimilikinya.

Kebutuhan nutrisi seseorang itu berbeda-beda, oleh karena itu dibawah ini kami lebih mengutamakan dulu nutrisi penting dan sehat yang dibutuhkan oleh wanita. Apa saja nutrisi penting tersebut? Lansung simak saja ulasannya berikut ini...
nutrisi penting untuk wanita

1. Asam lemak omega 3
Asam lemak omega 3 merupakan lemak baik yang bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular termasuk salah satunya adalah penyakit jantung. Dalam satu minggu, seorang wanita disarankan untuk mengonsumsi sedikitnya dua porsi ikan yang kaya akan kandungan asam lemak omega 3. Contoh ikan banyak mengandung lemak omega 3 adalah ikan salmon dan tuna. Selain mengonsumsi ikan, Anda juga bisa mendapatkan asam lemak omega 3 dari kenari ataupun flaxseed.

2. Kalsium
Sudah tahukan fungsi kalsium itu untuk apa? Yups, mineral kalsium itu sangatlah dibutuhkan untuk membangun pertumbuhan tulang supaya lebih kuat. Apalagi untuk wanita yang sudah masuk usia 50 tahun keatas, kebutuhan mineral kalsium tentu saja sangat diperlukan supaya tulang tidak mudah keropos atau rapuh (osteoporosis). Dalam setiap harinya, seorang wanita disarankan untuk memenuhi kebutuhan kalsium sekitar 1000 miligram.

3. Vitamin C
Seorang wanita biasanya tidak pernah lepas dengan yang namanya kecantikan. Untuk tetap terlihat cantik disepanjang hari, pastikan kebutuhan vitamin C harian Anda terpenuhi dengan baik. Pasalnya, vitamin C itu sangat baik untuk menjaga tubuh tetap sehat sekaligus menjaga kesehatan kulit Anda. Vitamin C mempunyai sifat sebagai antioksidan yang dapat menghambat terjadinya kerusakan yang disebabkan oleh adanya radikal bebas. Anda bisa mendapatkan vitamin C dari mengonsumsi jambu biji, jeruk, brokoli, dan masih banyak lagi yang lainnya.

4. Vitamin D
Setelah vitamin C, kebutuhan akan vitamin D tentu saja sangat diperlukan. Karena fungsi vitamin D ini adalah untuk membantu proses penyerapan kalsium. Bila proses penyerapan kalsium berjalan dengan baik, maka sudah tentu kesehatan dan kekuatan tulang pun akan tetap terjaga sehingga terhindar dari osteoposis.

5. Asam folat
Asam folat bermanfaat untuk membantu meningkatkan sintesis DNA sekaligus membantu proses pembelahan sel. Seorang wanita tentu saja membutuhkan nutrisi yang satu ini, karena asam folat bermanfaat supaya wanita tetap subur terutama pada saat sedang hamil. Selain itu nutrisi ini juga baik untuk menjaga kesehatan bayi yang ada dalam kandungannya.

6. Protein
Supaya tulang tetap sehat dan kuat, tidak cukup hanya dengan kalsium dan vitamin D saja. Hal ini perlu dibarengi pula dengan memenuhi kebutuhan protein harian Anda. Salah satu makanan yang paling baik sebagai sumber protein adalah telur.

7. Zat besi
Mudah lelah merupakan salah satu tanda bahwa tubuh Anda kekurangan zat besi. Nutrisi ini sangat penting untuk membawa oksigen ke sel-sel darah dan juga untuk membantu proses pembentukan sel darah merah. Bila kebutuhan zat besi terpenuhi, tubuh Anda tidak akan mudah untuk mengalami kelelahan. Oleh sebab itu penuhi kebutuhan zat besi disetiap harinya dengan mempebanyak makan sayuran berdaun hijau seperti hal nya bayam atau brokoli.

8. Serat
Nutrisi penting terakhir yang sangat dibutuhkan oleh wanita adalah serat. Serat disini jelas sekali manfaatnya, terutama untuk menjaga sistem pencernaan supaya tetap sehat. Sistem pencernaan yang baik akan membuat tubuh terasa jauh lebih baik.

Itulah 8 nutrisi penting dan sehat yang sangat diperlukan oleh kaum wanita. Penuhilah kebutuhan nutrisi diatas dengan cara mengonsumsi makanan sehat supaya manfaatnya jauh lebih maksimal. Semoga informasinya bermanfaat ya...