Sendawa itu Baik atau tidak?

Tips Sehat dan Cantik - Pergi makan bareng keluarga, sahabat, atau pun kerabat memang sangat menyenangkan, apalagi kalau makannya itu di tempat yang paling istimewa, boleh jadi itu bisa menjadi salah satu pengalaman yang tidak bisa dilupakan ketika sudah tua nanti. Namun, ada beberapa kejadian yang mungkin Anda juga pernah atau bahkan sering mengalaminya ketika makan telah usai. Tahukah Anda apa itu? Yups, sendawa biasanya salah satu hal yang terkadang suka muncul pada saat kita telah makan atau minum-minuman bersoda.

Mungkin dibenak Anda muncul sebuah pertanyaan, apakah sendawa itu baik atau tidak? Untuk menjawab pertanyaan yang satu ini, sebaiknya kita lihat dari kedua sisi. Yang pertama dari segi kesehatan dan yang kedua dilihat dari segi etika.
sendawa itu baik atau tidak
Bersendawa setelah makan via duniafitnes.com
Sebelumnya, Anda harus pahami dulu kenapa sendawa itu bisa terjadi. Sendawa biasanya muncul ketika Anda telah makan atau minum-minuman bersoda. Hal ini memang wajar karena pada saat Anda makan dan minum, yang masuk kedalam perut Anda itu bukan hanya sebatas makanan dan juga minuman saja. Akan tetapi, secara tidak sengaja udara yang biasa kita hirup pun turut masuk kedalam perut Anda. Nah, udara yang masuk ini mengandung gas berupa oksigen dan juga nitrogen.

Pada saat Anda menelan gas ini secara bersamaan dengan makanan atau pun minuman, maka secara otomatis perut Anda akan penuh yang mengakibatkan gas tersebut menjadi tertekan sehingga harus dikeluarkan. Seperti yang Anda ketahui bahwa untuk mengeluarkan gas tersebut, tubuh kita hanya menyediakan dua jalan saja, yaitu lewat mulut atau anus. Bila keluarnya melalui mulut, maka pada saat itulah Anda akan bersendawa.

Dilihat dari segi kesehatan, hal ini jelas tidaklah perlu dikhawatirkan. Karena pada dasarnya, sendawa itu merupakan cara sistem pencernaan untuk mengatur sekaligus memproses makanan agar Anda tidak perlu merasa kembung atau juga sakit perut. Jadi, tentu saja sendawa itu baik.

Namun kalau dilihat dari segi etika, bersendawa itu bagi masyarakat Indonesia jelas saja tidak baik karena hal itu dianggap tidak sopan. Bila Anda hendak bersendawa, cobalah untuk menutup mulut Anda kemudian ucapkan minta maaf.

Setelah membaca artikel yang satu ini, tentunya Anda sekarang sudah tahu kan sendawa itu baik atau tidak?