Rahasia Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Manfaat jahe untuk kesehatan - jahe merupakan tanaman jenis rimpang yang sangat populer yang dikenal sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Tanaman jahe memiliki rasa dominan pedas yang disebabkan oleh adanya senyawa keton yang bernama zingeron.

Tanaman jahe termasuk kedalam kategori suku Zingiberaceae. Nama ilmiah dari jahe diberikan oleh William Roxburgh dari kata Yunani zingiberi, dari bahasa sanskerta singaberi.

Manfaat jahe untuk kesehatan - Pembahasan diatas merupakan pengenalan dasar mengenai tanaman jahe karena kebanyakan dari kata belum mengenal apa itu jahe. Setelah kita mengenal yang namanya jahe, maka sudah seharusnya pula kita mengenal akan manfaat daripada jahe itu sendiri. Jahe sering dikenal juga dengan salah satu temulawak yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Bahkan tidak hanya di Indonesia saja, di negara lain pun sudah pada mengenal akan manfaat yang dimiliki oleh jahe.

manfaat jahe untuk kesehatanPada umumnya, jahe sering digunakan untuk menghangatkan tubuh misalnya dengan cara diseduh dengan menggunakan air hangat. Namun, jangan sampai kita berpikiran bahwa manfaat dari jahe itu hanya segitu saja karena masih banyak manfaat lainnya yang bisa didapatkan apabila kita mau mengkonsumsi jahe. Sebagai salah satu bukti nyata adalah cukup banyak produk Indonesia baik itu pada makanan atau pun obat-obatan yang menggunakan jahe sebagai bahan tambahannya. Hal ini dikarenakan para produsen tersebut telah mengetahui akan manfaat yang terkandung didalam tanaman jahe.

Dibawah ini terdapat beberapa manfaat jahe untuk kesehatan tubuh kita, antara lain :

1. Mencegah Perut BuncitMengkonsumsi jahe sebelum makan bisa mencegah kita akan terjadinya perut buncit. Hal ini dikarenakan jahe sendiri dapat melancarkan metabolisme dan juga pencernaan. Dengan adanya peningkatan metabolisme tersebut, akan mempercepat pembakaran kalori dan meratakan perut buncit.

2. Membuat Tubuh Perkasa
Kandungan senyawa yang dimiliki oleh jahe ada yang bersifat inklamasi. Hal ini sangat efektif sekali untuk membangun otot pada bagian tubuh kita. Berdasarkan sebuah penelitian, mengkonsumsi jahe secara teratur dapat membantu mengurangi rasa sakit pada otot yang disebabkan oleh latihan fisik secara berlebihan.

3. Menurunkan Berat Badan
Jahe berfungsi juga untuk melebarkan pembuluh darah yang membakar kalori menjadi panas tubuh. Selain itu, jahe hanya mengandung sedikit kalori sehingga tidak berkontribusi menaikan berat badan kita. Seduhan jahe setiap hari sangat baik sekali untuk menjaga kesehatan dan metabolisme tubuh.

4. Sebagai Obat Jerawat
Salah satu penelitian yang telah dilakukan di Universitas Maryland Medical Center, untuk membantu mencegah timbulnya jerawat dianjurkan supaya mengkonsumsi jahe maksimal 4 gr/hari. Karena kalau dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan efek samping seperti iritasi, mules, dan diare.

5. Membersihkan Kotoran didalam Tubuh
Apabila kita sering mengkonsumsi jahe dengan cara diseduh, biasanya hal tersebut dapat membuat tubuh kita berkeringat. Melalui keringat itulah dikeluarkannya berbagai kotoran jahat yang ada didalam tubuh.

6. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Jahe memiliki kemampuan dalam melebarkan pembuluh darah dan merangsang pelepasan hormon adrenalin. Oleh karena itu, darah akan mengalir lebih cepat dan menurunkan tekanan darah tinggi Anda.

7. Mencegah Terjadinya Penggumpalan Darah
Tanaman jahe juga mengandung senyawa yang bernama gingerol, yang mana senyawa tersebut merupakan salah satu senyawa yang bisa mencegah terjadinya pergumpalan darah karena akan berubah menjadi antikoagulan.

Itulah beberapa manfaat jahe untuk kesehatan tubuh kita. Selain manfaatnya yang sangat luar biasa, jahe juga bisa kita olah menjadi makanan menarik dan juga unik namun tetap memiliki manfaat yang luar biasa. Jangan lupa baca artikel kami lainnya mengenai banyaknya manfaat bersepeda bagi kesehatan.