10 Macam Bahaya Kesehatan Dari Makan Junk Food

Makanan cepat saji atau bisa sering dikenal dengan nama junk food merupakan salah satu jenis makanan yang kurang bernutrisi. Jenis makanan seperti ini memang sangatlah mudah untuk ditemui, meskipun makanan ini tidak memiliki nutrisi yang memadai, namun makan seperti ini banyak juga lho penggemarnya, mungkin bisa saja Anda juga termasuk salah satu diantara mereka. Tidak hanya orang dewasa saja, anak-anak pun menyukai jenis makanan yang satu ini.

Memang bukan rahasia umum lagi kalau makanan ini bisa menimbulkan berbagai macam masalah gangguan kesehatan. Dibawah ini terdapat beberapa gangguan kesehatan yang harus Anda ketahui dari makan junk food.


1. Obesitas
Salah satu masalah gangguan kesehatan yang akan dihadapi oleh orang yang mengkonsumsi junk food adalah obesitas. Junk food sangat kaya akan lemak, garam, dan juga gula tambahan yang sulit untuk di cerna tubuh. Karena sulit untuk dicerna tubuh itulah maka zat makanan tersebut akan mengendap di tubuh dan menimbulkan obesitas atau kegemukan.

2. Depresi
Bagi anak-anak yang suka dengan makanan junk food sebaiknya segeralah untuk dihindari, karena mereka akan berpotensi untuk mengalami gangguan kesehatan mental yang kemudian berujung pada depresi.

3. Gangguan pencernaan
Karena junk food termasuk kedalam salah satu jenis makanan yang sulit untuk dicerna, maka kerja pencernaan Anda pun akan menjadi berat dan berakhir dengan gangguan pencernaa.

4. Kanker
Semua orang memiliki sel kanker dalam tubuhnya. Sel-sel ini bisa berkembang menjadi penyakit kanker apabila dipicu dengan makanan yang penuh dengan bahan kimia seperti hal nya junk food.

5. Mudah lelah
Terlalu banyak mengonsumsi junk food juga bisa membuat Anda mudah merasa lelah. Hal ini dikarenakan junk food rendah akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melakukan aktivitas. Ketika cadangan nutrisi di dalam tubuh Anda kosong, maka Anda pun akan mudah merasa lelah.

6. Penyakit Jantung
Kandungan lemak yang tidak sehat pada junk food bisa mengganggu kesehatan jantung Anda. Lemak ini akan mengalir di sepanjang aliran darah yang kemudian berpusat di jantung. Apabila lemak bertumpuk maka bisa menyumbat saluran darah di jantung sehingga menyebabkan penyakit jantung yang bisa berujung dengan serangan jantung dan stroke.

7. Penyakit ginjal
Junk food mengandung sodium yang tinggi. Sodium ini bisa mempengaruhi keseimbangan natrium kalium di dalam tubuh yang pada akhirnya bisa menyebabkan penyakit ginjal.

8. Diabetes
Junk food ternyata juga mengandung kandungan gula tambahan. Gula ini mampu menyebabkan fluktuasi gula di dalam tubuh. Itulah kenapa pada akhirnya junk food bisa menyebabkan diabetes.

9. Penurunan fungsi otak
Dengan makan junk food, fungsi daripada otak akan mengalami penurunan apabila Anda telalu banyak makan-makanan seperti ini. Hal ini bisa terjadi karena kandungan lemak berlebih yang ada di dalam junk food mampu merusak saraf dan membuat kerja otak melambat.

10. Liver berlemak
Liver merupakan salah satu organ tubuh manusia yang fungsinya adalah untuk menyaring lemak. Apabila Anda terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi, maka liver pun akan bekerja dengan keras yang pada akhirnya bisa menimbulkan penyakit. Hal ini tentu saja sangat berbahaya sebab tubuh Anda akan dipenuhi dengan lemak dan racun.

Itulah beberaga gangguan kesehatan yang di akibatkan dari mengkonsumsi junk food dalam jumlah berlebih. Apabila Anda sangat ingin menikmati makanan tersebut, silahkan saja asal jangan terlalu berlebihan. Lebih baik utamakan kesehatan Anda mulai dari sekarang, karena kalau bukan Anda , siapa lagi?