5 Langkah Mudah Hilangkan Lemak di Perut

Tips Diet | Mempunyai perut yang rata adalah dambaan bagi semua orang, terutama wanita. Terkadang ada beberapa wanita yang tidak suka bila dikatakan, "sekarang kamu gendutan, ya!" Kalau sekiranya Anda termasuk dari salah satu orang tersebut, maka tips yang kami hadirkan kali ini sangat tepat untuk Anda.

Meskipun tidak banyak, namun ada beberapa orang yang merasa sangat kesulitan untuk menurunkan kadar lemak di perut. Beragam cara telah di tempuh, namun hasil yang didapat belum maksimal sesuai dengan apa yang diharapkannya. Bahkan, ada juga yang sampai mengatakan bahwa memiliki perut yang rata itu merupakan hal yang mustahil baginya. Padahal, mengecilkan perut itu bukanlah suatu hal yang tidak mungkin, lho.

Tahukah Anda, kalau mengecilkan perut itu tidak hanya untuk menambah rasa percaya diri atau untuk membuat penampilan lebih menarik saja. Namun, ia juga akan memberikan dampak yang baik terhadap kesehatan Anda. Pernahkah Anda mendengar kalimat, "lemak yang berkumpul diperut itu lebih berbahaya ketimbang lemak yang berkumpul di bagian tubuh lainnya". Kalau belum, alasannya adalah lemak yang berkumpul di bagian perut dapat meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung, diabetes tipe-2, sindrom metabolisme, dll.

Langkah Mudah Hilangkan Lemak di Perut

Nah, bagaimana cara untuk menurunkan kadar lemak di perut? Berikut ini merupakan 5 langkah mudah hilangkan lemak di perut yang bisa Anda coba.

1. Kurangi makan
Salah satu cara yang paling utama adalah dengan mengurangi jumlah makanan yang masuk kedalam perut, apalagi jenis makanan yang kurang menyehatkan. Untuk mempercepat proses pengurangan lemak dan mendapatkan lebih banyak otot, sebaiknya langkah yang mesti dilakukan Adalah dengan mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi. Diusahakan untuk memperbanyak konsumsi protein murni yang tidak mengandung lemak dan kurangi konsumsi karbohidrat berkualitas rendah.

2. Hindari gula
Gula tambahan yang ada pada makanan bisa meningkatkan insulin dan gula darah. Tanpa disadari,hal ini juga dapat memicu lemak untuk berkumpul di dalam perut sehingga melebar pada bagian pinggang. Sebuah penelitian telah mengungkapkan bahwa rata-rata orang di Amerika mengonsumsi gula tambahan tiga kali lebih banyak dari yang seharusnya dan bisa saja Anda pun mengalami hal yang sama dengan mereka. Mulai hari ini, sebelum membeli makanan cobalah untuk memperhatikan label makanan yang akan Anda konsumsi. Apabila makanan tersebut mengandung cukup banyak gula tambahan, sebaiknya hindari makanan tersebut. Selain gula tambahan, Anda juga perlu menghindari makanan yang mengandung pemanis buatan.

3. Hindari lemak tak sehat
Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak juga bisa membuat lebih banyak lemak berkumpul pada perut. Ada beberapa jenis lemak yang seringkali berakhir dengan menempel pada bagian perut, diantaranya adalah lemak jenuh yang berasal dari minyak sayur, kacang, dll. Untuk itu, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat seperti ikan, asam lemak omega-3, dan lain sebagainya. Lemak sehat seperti ini tidak akan berakhir dengan menempel di perut.

4. Olahraga HITT
Olahraga HITT merupakan kependekan dari High Intensity Interval Training merupakan perpaduan jenis olahraga antara olahraga yang memiliki intensitas tinggi dengan olahraga yang mempunyai intensitas yang rendah dalam skala tertentu. Olahraga kardio bisa dikategorikan kedalam olahraga HITT.

Apabila berat badan Anda tak kunjung juga turun dan perut Anda tetap terlihat gemuk meskipun sudah melakukan olahraga, bisa jadi penyebabnya adalah olahraga yang telah dilakukan tak cukup berat atau olahraga yang Anda lakukan tidaklah rutin.

Sebuh penelitian yang telah diterbitkan dalam Journal Medicine and Science in Sports And Exercise menemukan bahwa latihan HITT lebih efektif digunakan untuk mengurangi lemak pada perut ketimbang dengan olahraga jenis lainnya.

5. Hindari terlalu fokus pada perut
Kebanyakan orang berpikir bahwa melakukan olahraga yang berfokus pada perut merupakan cara yang efektif untuk menurunkan kadar lemak di perut. Cara berpikir seperti ini adalah keliru. Olahraga yang baik itu adalah dengan menggerakan semua bagian tubuh, sehingga hal itu dapat membuat tubuh Anda lebih sehat dan bugar sekaligus dapat pula mengecilkan perut Anda.

Itulah beberapa langkah mudah hilangkan lemak di perut Anda. Apabila Anda punya cara sehat lainnya, sebaiknya Anda tuliskan di kotak komentar yang telah kami sediakan dibawah artikel ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya!