4 Nutrisi Penting yang Wajib Dikonsumsi Saat Hamil

Masa kehamilan merupakan salah satu hal yang sangat di tunggu-tunggu oleh mereka yang sudah berkeluarga terutama bagi mereka yang baru saja menjalaninya. Bukan hanya bagi keluarga masa kehamilan juga merupakan masa yang penting yang dijalani oleh ibu dan bayi. Saking pentingnya masa tersebut, wanita harus lebih ekstra berhati-hati dengan apa yang dilakukannya serta apa yang dikonsumsinya. Selain berhati-hati terhadap pantangan makanan, kebutuhan akan nutrisi yang sehat dan berimbang juga harus terpenuhi oleh ibu hamil.

4 Nutrisi Pengting yang Wajib Dikonsumsi Saat Hamil

Dibawah ini terdapat beberapa nutrisi penting yang wajib dikonsumsi oleh setiap wanita yang sedang menjalani masa kehamilan.

1. Asam folat & Vitamin B9
Asam folat dan vitamin B9 merupakan salah satu nutrisi penting yang harus dikonsumsi oleh wanita yang sedang menjalani masa kehamilan. Nutrisi ini sangat membantu sekali untuk memproduksi sel darah merah. Selain itu, nutrisi ini juga sangat baik untuk memperbaiki DNA. Suplemen asam folat akan membantu ini mencegah risiko kelahiran prematur. Selain itu, makanan seperti bayam, kacang-kacangan dan kacang polong juga menjadi sumber asam folat yang baik.

2. Kalsium
Ibu dan calon bayi sangat membutuhkan kalsium untuk tulang dan gigi yang kuat. Selain itu, kalsium juga penting untuk pertumbuhan otot dan sistem saraf. Beberapa makanan yang baik untuk mendapatkan kalsium adalah susu, yogurt, keju, dan salmon.

3. Zat besi
Zat besi sangat diperlukan tubuh untuk memproduksi hemoglobin. Nutrisi ini sangat penting dikonsumsi selama masa kehamilan karena bayi dan janin didalamnya membutuhkan banyak darah. Kekurangan nutrisi ini dapat menyebabkan anemia yang berujung pada kelahiran bayi prematur. Beberapa makanan yang mengandung zat besi diantarnya daging dan ayam.

4. Vitamin D
Vitamin D dapat membantu meningkatkan energi, mendukung sistem kekebalan tubuh, dan lebih penting lagi akan membantu perkembangan janin. Mengkonsumsi cukup vitamin D akan meningkatkan kekuatan tulang ibu dan anak. Namun, sebaiknya jangan terlalu banyak mengkonsumsinya. Salah satu sumber vitamin D yang aman dan juga baik adalah sinar matahari pagi.

Itulah beberapa nutrisi yang mungkin wajib diperhatikan bagi Anda yang sedang menjalani masa kehamilan. Nutrisi yang baik dapat memberikan manfaat yang baik bagi wanita yang mengandung dan bayi yang dikandungnya.