7 Tanda Bahwa Tubuh Anda Sedang Kekurangan Cairan

Tips Sehat dan Cantik - Ketika kita merasa kehausan, ada begitu banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi hal tersebut. Mulai dari minum air putih, teh, es, soda, atau berbagai jenis minuman lainnya. Hanya saja, ketika kita salah dalam memilih minuman tersebut, maka bukan tidak mungkin hal itu malah justru akan memberikan dampak buruk terhadap kesehatan tubuh kita.

Jika tujuan kita hanya sekedar menghilangkan rasa haus saja, kita bisa memilih kopi, es, atau soda untuk mengatasinya. Namun, jika kita ingin menghilangkan rasa haus dengan cara yang lebih sehat, maka minum air putih adalah solusi yang paling tepatnya. Jika Anda ingin tahu lebih mengenai khasiat minum air putih, silahkan klik disini.
tanda tubuh kekurangan cairan
Tubuh butuh cairan via shadesofgrace.org
Tubuh yang kekurangan cairan bila tidak segera diatasi akan semakin berdampak buruk bagi kesehatan. Dan sebelum semuanya bertambah parah, biasanya tubuh akan memberikan gejala atau tanda yang mengindikasikan bahwa tubuh kita sedang mengalami kekurangan cairan. Berikut adalah tanda-tandanya.



1. Tubuh menjadi lemas
Pada saat tubuh kita mengalami dehidrasi, mau tidak mau tubuh akan langsung mengambil air dari darah kita. Ketika hal ini terjadi, tubuh akan mulai mengalami kekurangan oksigen yang akhirnya membuat tubuh menjadi lemas. Jika kita memilih mengatasinya dengan minum kopi, hal itu hanya akan bekerja untuk sesaat saja. Lebih baik atasi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih atau air mineral.

2. Mulut terasa kering
Meskipun mulut kering tidak selamanya menandakan bahwa kita sedang kekurangan cairan, akan tetapi ketika hal itu terjadi biasanya kita membutuhkan minuman guna mengatasinya. Jika hal ini terjadi dan kita memilih mengatasinya dengan minuman-minuman yang manis, maka itu hanya efektif untuk sementara saja. Sebaiknya atasi dengan minum air putih.

3.  Kulit mulai tampak kering
Salah satu organ terbesar pada tubuh ialah kulit. Oleh sebab itu, menjaga kulit supaya tetap terhidrasi dengan baik adalah salah satu hal yang menjadi suatu keharusan. Ketika tubuh kekurangan cairan, biasanya hal itu akan berdampak pula pada kulit kita, salah satunya yaitu kulit menjadi terlihat kering. Untuk mengatasinya, pastikan bahwa kebutuhan cairan tubuh kita terpenuhi dengan baik.

4. Mata mulai terasa kering
Tubuh yang kekurangan cairan tidak hanya mempengaruhi mulut, tenggorokan, dan kulit. Namun, kurangnya asupan cairan juga bisa membuat mata kita menjadi kering. Hal ini akan memberikan dampak yang lebih berbahaya lagi terutama pada mereka yang mengenakan lensa kontak di setiap harinya.

5. Tulang terasa sakit
Perlu diketahui bahwa tulang rawan dan tulang belakang cakram terdiri dari ±80% air. Hal ini merupakan kebutuhan mutlak supaya tulang tidak mengalami gesekkan antara satu sama lain pada saat bergerak. Ketika kita berusaha supaya tubuh tetap terhidrasi dengan baik, hal itu akan membuat sendi-sendi kita mampu bertahan dari gerakkan yang tiba-tiba.

6. Timbul rasa haus berlebih
Kita tahu bahwa rasa haus merupakan salah satu tanda bahwa tubuh sedang kekurangan cairan. Bahkan perlu diketahui juga, bahwa pada saat kita bangun tidur kemudian mulut dalam keadaan kering dan juga terasa haus itu menandakan bahwa pada hari kemarin tubuh kita tidak mendapatkan asupan cairan yang cukup.


Selain berguna untuk menjaga keseimbangangan cairan dalam tubuh, minum air putih juga bermanfaat untuk membantu eksresi ginjal dan juga mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Bilamana tubuh terlalu sering kekurangan cairan, hal itu akan membuat proses pencernaan menjadi terhambat dan tubuh pun akan lebih mudah untuk mengalami gangguan kesehatan.

Sekarang Anda sudah tahu kan apa saja tanda-tanda bahwa tubuh sedang membutuhkan cairan? Ketika Anda mulai mengalami salah satu gejala atau tanda yang telah disebutkan diatas, bersegeralah untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih.