Yuk, Intip Penyebab Rambut Rontok Disini

Tips Sehat dan Cantik - Bagi seorang wanita, rambut merupakan mahkota yang sangat berharga. Tak jarang sebagian dari mereka rela mengeluarkan budget yang tidak sedikit hanya untuk merawat mahkota yang dimilikinya. Bukan hanya untuk terlihat lebih cantik, akan tetapi hal itu supaya rambut yang dimilikinya tetap sehat dan kuat sehingga tidak mudah mengalami kerontokan.

Rambut rontok memang masih menjadi salah satu dari sekian banyak hal yang saat ini masih ditakuti oleh pria maupun wanita, khususnya mereka yang masih muda. Mereka sungguh sangat khawatir bila di usia yang masih muda tersebut harus rela melihat helaian-helaian rambut berguguran disetiap harinya. Rambut rontok yang terjadi hanya 100 helai perhari mungkin masih masuk kedalam hal yang wajar, akan tetapi bila jumlahnya lebih dari itu tentu saja harus segera mencari solusinya.
penyebab rambut rontok dengan cepat
Rambut rontok via pcosdiva.com
Setiap helai rambut tumbuh dari akar rambut yang sebelumnya sudah ada di kulit kepala. Selama 6 tahun, secara alami setiap helai rambut akan terus tumbuh. Lalu, pertumbuhan tersebut akan berhenti di masa istirahat kurang lebih selama 4 bulan sebelum setiap helai rambut tersebut mati. Perlu diketahui bahwa pada pertumbuhan normalnya, setiap helai rambut akan mengalami 4 siklus, diantaranya Active Growth, Regression Phase, Resting Phase, dan Loss fo Fiber. Siklus pertumbuhan rambut ini tentu saja banyak dipengaruhi oleh faktor genetis. Rambut pria cenderung memiliki risiko kerontokan lebih besar dibandingkan dengan wanita.

Penyebab Rambut Rontok

Banyak hal yang dapat menyebabkan rambut rontok dengan begitu cepat. Berikut ini terdapat beberapa penyebab rambut rontok yang mesti diketahui oleh Anda.

1. Genetis atau keturunan
Faktor keturunan merupakan salah satu penyebab terjadinya rambut rontok. Bila Anda mengalami kerontokan pada rambut yang disebabkan oleh faktor yang satu ini, maka hal ini tentunya akan sangat sulit untuk diatasi. Selain itu, kerontokan rambut yang disebabkan oleh faktor keturunan hanya dapat diketahui dengan cara melakukan pemeriksaan diri pada ahli kulit.

2. Stres
Salah satu penyebab rambut rontok berikutnya adalah stres. Stres merupakan penyebab terjadinya kerontokan rambut yang paling banyak dialami. Ketika seseorang mengalami sesuatu hal yang membuatnya stres, maka pada saat itulah rambut akan mudah sekali untuk mengalami kerontokan.

3. Gaya rambut
Anda mungkin sudah tahu bahwa beberapa gaya rambut mampu menciptakan kerontokan rambut yang cukup parah. Oleh karena itu, bila Anda ingin mengubah gaya rambut Anda sebaiknya perhatikan pula kesehatan rambut dan folikel rambut supaya tetap terjaga. Karena perlu Anda ketahui juga bahwa beberapa gaya rambut mungkin dapat menarik rambut hingga akarnya, sehingga nantinya membuat rambut lebih rapuh dan rentan patah. Salah satu gaya rambut yang sebaiknya dihindari adalah gaya ekor kuda yang terlalu ketat.

4. Bahan kimia
Bahan kimia memanglah tidak asing bagi Anda karena biasanya hampir sebagian besar produk kecantikan dan perawatan rambut seringkali melibatkan bahan-bahan kimia. Padahal, bahan-bahan kimia inilah yang nantinya akan membuat rambut lebih rapuh, mudah rontok, dan juga mengganggu pertumbuhan folikel. Bila Anda hendak menggunakan produk kecantikan atau perawatan rambut, baik itu dirumah atau pun disalon, pastikan untuk memilih produk yang tidak terlalu banyak mengandung bahan kimia.

5. Diet
Diet memang baik bila dilakukan dengan cara yang baik pula. Namun, diet ekstrem pada umumnya akan membuat tubuh kekurangan nutrisi dan vitamin. Hal ini tentu tidaklah baik karena selain memberikan dampak buruk terhadap kesehatan tubuh, juga dapat merusak kesehatan kulit dan rambut. (baca: 5 Jenis Makanan Pencegah Rambut Rontok)

6. Hormon
Hormon yang tidak seimbang juga ikut andil menjadikan rambut mudah rontok. Seseorang yang sedang hamil kemudian mengalami ketidakseimbangan hormon biasanya akan mengalami rambut rontok yang cukup parah.

Anda jangan panik bila jumlah helai rambut rontok telah melebihi 100 helai perhari. Sebaiknya segera ubah gaya hidup Anda dengan mengonsumsi makanan-makanan yang kaya akan nutrisi dan vitamin. Selain itu, carilah perawatan rambut yang tepat dengan melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada seseorang yang ahli dibidangnya. Bila Anda ingin mengatasi rambut rontok dengan cara alami, sebaiknya simak saja artikel ini cara mengatasi rambut rontok

Itulah informasi singkat untuk Anda tentang beberapa hal yang dapat menyebabkan rambut rontok dengan begitu cepat. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk Anda.