Cara Mengolah Ikan Segar Supaya Lebih Sehat

Tips Sehat dan Cantik - Bukan hal yang baru bagi kita bahwa ikan mempunyai banyak manfaat terutama yang ada kaitannya dengan kesehatan. Beberapa jenis ikan kaya akan kandungan asam lemak omega 3 yang dinilai mampu mengurangi risiko stroke, penyakit jantung, alzheimer, dan juga depresi. Sebuah penelitian terbaru dari University of Pittsburgh School of Medicine telah mengatakan bahwa mereka yang makan ikan secara teratur mempunyai volume otak yang lebih besar, berkaitan dengan memori dan fungsi kognisi.

Namun, ada beberapa tips khusus dalam mengolah ikan segar supaya manfaat yang didapat lebih optimal. Penelitian dari University of Pittsburgh School of Medicine dilakukan dengan cara mengonsumsi ikan dipanggang alias tidak digoreng. Bahan makanan yang digoreng memiliki jumlah kalori yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan makanan yang dipanggang, direbus, atau dikukus.

Bila Anda ingin mengolah ikan supaya lebih bermanfaat untuk kesehatan Anda, sebaiknya nikmati saja ikan yang dibakar atau direbus. Untuk memberikan rasa lebih nikmat, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda coba supaya ikan yang dipanggang tetap mempunyai citarasa yang enak, gurih, dan nikmat.
cara mengolah ikan segar
Ilustrasi foto: www.livinghuntington.com
Tambahkan bumbu (rempah-rempah)
Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa Negara Indonesia sangat kaya akan rempah-rempah. Anda bisa menambahkan beberapa bumbu kedalam ikan panggang. Bumbu tersebut diantaranya, perasan jeruk nipis, irisan bawang putih, ditambah jahe parut, bumbu kunyit dan cabai merah.

Gunakan lemak baik
Sebelum dimasak, sebaiknya ikan terlebih dahulu dibersihkan kemudian diolesi dengan minyak zaitun atau minyak kelapa. Anda juga bisa menggantinya dengan tomat yang sudah dikeringkan, kemangi, atau bisa juga dengan paprika merah. Setelah dimasak, taburkanlah diatasnya kacang-kacangan, irisan buah alpukat, atau satu sendok zaitun.

Dinginkan ikan
Selain dalam kondisi hangat, ikan juga dapat disajikan dalam keadaan dingin. Ikan yang telah dimasak dan didinginkan bisa dicampur ke dalam salad yang berisi beragam sayuran. Sehingga makan ini sering dikenal juga dengan nama seafood salad.

Campur dengan makanan lainnya
Ikan yang telah selesai dipanggang bisa disajikan dengan makanan sehat lainnya. Misalnya, tumis jamur, tumis sayur, nasi, kentang, ubi jalar, dan selada. Dengan menambahkan beberapa makanan tersebut membuat rasa ikan menjadi kurang dominan namun tetap menyehatkan.

Itulah cara mengolah ikan segar supaya lebih sehat. Semoga artikel kali ini bermanfaat ya dan selamat mencoba tipsnya.