4 Tanda Ini Mengharuskan Tubuh Anda Untuk Beristirahat

Tips Sehat dan Cantik - Kita semua sepakat bahwa semua orang pasti mempunyai masalah. Masalah ini memang cukup beragam dan tidak selamanya semua orang mempunyai masalah yang sama, misalnya ada orang yang mempunyai masalah dengan pekerjaannya, ada pula yang mempunyai masalah dengan kisah percintaannya, terus ada lagi masalah yang terjadi dalam keluarganya.

Beragam dan banyaknya masalah yang terjadi dalam kehidupan terkadang dapat membuat kita stres yang ujung-ujungnya dapat menyebabkan gangguan kesehatan mental dan bahkan bisa juga mempengaruhi kondisi fisik kita. Saat stres melanda, langkah yang paling bijak adalah dengan mencoba meluangkan waktu sejenak untuk digunakan sebagai istirahat atau merilekskan pikiran kita.

Ketika stres berat mulai dirasakan, setidaknya akan muncul 4 tanda yang mengindikasikan bahwa tubuh Anda harus segera istirahat. Bilamana ke-4 tanda ini telah Anda rasakan, maka kita jangan pernah ragu untuk langsung mencari jalan keluarnya. Kalau tidak demikian, stres atau depresi yang dirasakan akan semakin parah yang pada akhirnya dapat menimbulkan penyakit yang lebih serius lagi.
4 Tanda Tubuh Anda Harus Beristirahat
1. Mudah lupa
Pernahkah kita melupakan sesuatu yang mungkin bisa dikatakan sebagai sesuatu yang sepele? Contoh, lupa menaruh kunci. Padahal baru saja kita pegang tuh kunci namun tiba-tiba saja kita lupa. Nah, ini merupakan salah satu tanda bahwa tubuh kita sedang mengalami stres.

Perlu kita ketahui bahwa stres dapat mengurangi kemampuan otak dalam hal mendapatkan kembali suatu informasi. Disisi lain, tubuh kita akan mulai melepaskan sejumlah hormon yang berperan untuk mengatasi stres. Selain itu, ketika stres melanda maka glukosa dan energi yang ada dalam tubuh akan dialihkan ke area lain di otak dengan tujuan untuk mengatasi stres. Sehingga, fungsi sejumlah bagian otak lainnya pun seperti kemampuan mengingat akan berkurang.

2. Tubuh lemah atau kurang bertenaga
Tahu tidak bahwa stres itu dapat membuat tubuh merasa kurang bertenaga dan juga lemah. Akibatnya, tubuh kita pun akan lebih sukar untuk menjaga kesehatannya dari dalam. Ketika stres, kadar hormon kortisol akan mengalami gangguan sehingga sistem kekebalan tubuh pun akan menurun. Pada akhirnya, kemampuan alami yang dimiliki oleh tubuh untuk melawan bakteri maupun virus akan mengalami penurunan.

Kondisi seperti ini bisa kita rasakan apabila dalam beberapa hari ini tubuh kita seringkali mengalami sakit flu. Untuk itu, cobalah meluangkan waktu sejenak untuk beristirahat atau bisa juga kita mengambil liburan bareng keluarga atau pun dengan teman.

3. Otot terasa kaku
Terlalu lama duduk memang dapat menimbulkan masalah terhadap kesehatan, misalnya bahu Anda terasa kaku selama beberapa hari. Selain disebabkan karena duduk yang terlalu lama, ternyata otot kaku itu bisa dipengaruhi pula oleh stres.

Ketika cemas atau sres mulai melanda, secara tidak sadar tubuh kita akan memberikan respon alami untuk menegangkan otot-otot tubuh terlebih lagi pada daerah area leher, punggung dan juga bahu. Oleh karena itu, cobalah kurangi beban masalah yang terjadi saat ini dengan cara melakukan olahraga secara rutin. Bilamana Anda bekerja di suatu perkantoran dan tidak memungkinkan untuk banyak bergerak, Anda bisa mensiasatinya dengan cara berjalan-jalan diluar ruangan.

4. Insomnia
Apakah akhir-akhir ini Anda merasa kesulitan untuk tidur? Cobalah Anda ingat-ingat apakah dalam beberapa hari ini Anda seringkali mengalami depresi atau stres? Itu merupakan salah satu dampak dari stres yang sedang Anda alami saat ini. Selain membuat kita merasakan kesulitan untuk tidur, ternyata stres juga membuat kita lebih sering bermimpi buruk.

Ketika kondisi ini terjadi, cara terbaik yang harus dilakukan adalah dengan meluangkan waktu beberapa hari dan mengisinya dengan hal-hal yang membuat Anda merasa lebih have fun. Ajaklah teman-teman Anda jika hal itu bisa membuat Anda merasa lebih menyenangkan.

simak artikel menarik lainnya, 5 Kebiasaan Ini Membuat Anda Tetap Cantik