Cara Mudah Menjaga Kesehatan Liver Anda

Tahukah Anda bahwa menjaga kesehatan liver itu tidaklah terlalu sulit? Untuk membuktikan bahwa itu sangatlah mudah, kami menyarankan kepada Anda untuk membaca artikel kami ini secara keseluruhan, mudah-mudahan apa yang Anda baca bisa bermanfaat yang salah satunya menambah wawasan baru bagi Anda.

Liver merupakan salah satu organ tubuh manusia yang mempunyai peranan penting didalamnya. Salah satu peran penting yang dilakukan oleh organ tersebut ialah untuk menyaring racun yang masuk kedalam tubuh. Bilamana liver tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya, maka bisa dipastikan bahwa kesehatan organ tubuh yang lainnya akan terancam.

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Liver
Liver juga memiliki fungsi lainnya yaitu untuk melawan infeksi yang bakal menyerang tubuh Anda., memproses makanan yang telah di serap oleh usus kita, kemudian memproduksi getah empedu yang berfungsi dalam sistem pencernaan makanan, sebagai penyimpan vitamin, zat besi, mengontrol kadar lemak, glukosa serta asam amino di dalam darah.

Begitu banyaknya tugas yang dilakukan oleh liver  membuat organ tubuh yang satu ini sangatlah penting sekali untuk dijaga kesehatannya, karena seperti yang telah di jelaskan sebelumnya bahwa apabila liver sudah tidak bisa bekerja dengan baik, maka Anda tinggal menunggu waktu saja organ tubuh yang lainnya untuk mengalami kerusakan.

Untuk menjaga agar liver tetap dalam kondisi prima dengan kata lain tetap dalam kondisi yang sehat, maka 5 cara di bawah ini setidaknya bisa menjaga sekaligus meminimalisir untuk terjadinya kerusakan pada organ hati.

5 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Liver


1. Mengkonsumsi air lemon
Seperti yang telah diketahui oleh khalayak umum, bahwa air merupakan salah satu detoks alami yang bisa mengeluarkan racun didalam liver. Apalagi kalau yang diminum itu adalah air lemon. Asam sitrat yang berasal dari lemon akan mendorong lever untuk memproduksi empedu sehingga baik untuk kesehatan lever Anda.

2. Jangan paksakan liver untuk bekerja lebih keras
Meskipun Anda tidak membebaninya, tugas yang dilakukan oleh organ tubuh yang satu ini sudah banyak meskipun Anda hanya mengonsumsi makanan-makanan biasa saja. Oleh sebab itu, janganlah membuat pekerjaan liver Anda semakin berat dengan mengonsumsi obat-obatan terutama yang menggunakan bahan kimia, alkohol, atau makanan berbahaya yang lainnya.

3. Konsumsi sayur-sayuran
Jenis sayur-sayuran seperti halnya kubis, brokoli, dan daun kol adalah sayuran yang dianjurkan untuk dikonsumsi untuk menjaga agar liver tetap sehat. Pastikan Anda mengonsumsinya minimal satu porsi dalam sehari.

4. Konsumsi mineral
Mineral berperan penting untuk kesehatan liver. Mineral tersebut adalah kalsium, magnesium, natrium, kalium, besi, selenium, tembaga, seng, dan mangan. Supaya liver Anda tetap sehat, usahakan di setiap harinya mengonsumsi mineral yang telah disebutkan diatas.

5. Mengontrol jumlah kalori
Membatasi asupan jumlah kalori yang masuk kedalam tubuh Anda. Salah satu makanan yang mesti di batasi adalah jenis makanan yang mengandung karbohidrat, seperti nasi.

Itulah cara mudah menjaga kesehatan liver Anda, bilamana Anda mempunyai tips mudah lainnya terutama untuk menjaga kesehatan liver, silahkan Anda sampaikan kepada kita melalui kotak komentar yang telah kami sediakan dibawah. Terimakasih atas minat dan kesediaan Anda untuk membaca artikel dari kami yang sederhana ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba!