7 Tanda Fisik Kehamilan Yang Harus Diketahui

Tips Sehat dan Cantik - Tanda-tanda kehamilan merupakan moment yang paling ditunggu-tunggu terutama oleh seorang perempuan yang menginginkan kehadiran sang buah hati. Datangnya tanda-tanda kehamilan, hal ini tinggal menunggu masalah waktu saja kapan sang buah hati akan melengkapi keluarga Anda.

Namun sayang, tanda-tanda kehamilan ini terkadang pasangan suami isteri belum bisa mengetahui secara betul mengenai tanda-tanda kehamilan tersebut. Mereka bingung untuk membedakan mana tanda-tanda kehamilan yang sebenarnya dengan tanda-tanda datangnya mestruasi. Karena dari banyak kasus yang terjadi, tanda-tanda kehamilan biasanya mirip dengan tanda-tanda datangnya mestruasi.
tanda tanda kehamilan
Ilustrasi ibu hamil via goldcoastchiropractic.com
Saat ini masih banyak perempuan yang melihat tanda-tanda kehamilan hanya dari satu sisi saja, yakni terlambat datangnya menstruasi. Meskipun hal ini juga benar, akan tetapi terlambat datangnya menstruasi juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti pola makan, kelelahan, stress, gangguan hormonal, dll.



Untuk lebih memahami tanda-tanda kehamilan, berikut merupakan 7 tanda fisik yang bisa mengindikasikan bahwa Anda sedang hamil.

1. Mual dan muntah
Mual dan muntah ini dikenal juga dengan sebutan morning sickness. Biasanya hal ini dirasakan ketika masa kehamilan telah menginjak usia 6 minggu, tapi ada juga perempuan yang sudah mengalaminya pada awal-awal kehamilan. Keluhan ini akan mengalami penurunan ketika memasuki trimester kedua. Pada saat keluhan ini masih berlangsung, sebaiknya pilihlah makanan yang lebih bersahabat dengan perut.

2. Lelah dan demam
Meskipun tidak banyak kegiatan yang dikerjakan, akan tetapi akhir-akhir ini Anda sangat mudah sekali mengalami kelelahan. Ini merupakan salah satu tanda bahwa hormon-hormon didalam tubuh mengalami peningkatan selama kehamilan. Bahkan tidak sedikit pula dari para ibu yang merasa tubuhnya menjadi lebih hangat.

3. Napas lebih pendek
Biasanya Anda tidak ada masalah meskipun naik-turun tangga, akan tetapi sekarang hanya beberapa anak tangga saja sudah membuat Anda merasa terengah-engah. Ini juga bisa menandakan bahwa Anda bisa saja hamil. Janin yang sedang berkembang juga membutuhkan oksigen sehingga hal inilah yang membuat Anda lebih mudah kehabisan napas. Bila Anda sudah memastikan bahwa Anda sedang hamil, keluhan yang satu ini akan terus dirasakan sampai masuk ke trimester ketiga.

4. Sakit kepala dan nyeri pinggang
Adanya perubahan hormon juga bisa membuat Anda merasakan sakit kepala. Bila merasakan keluhan yang satu ini, sebaiknya segera cek apakah Anda hamil atau tidak. Selain itu, seseorang yang sedang hamil biasanya akan merasakan nyeri pinggang yang disebabkan oleh melonggarnya ligamen di area pinggang yang sejalan dengan masa kehamilan. Keluhan ini akan semakin terasa ketika perut Anda semakin besar. Jadi, mulailah berusaha untuk menyesuaikan posisi berjalan, berdiri, dan duduk, ketika keluhan ini berlangsung.

5. Perut kembung dan sembelit
Beberapa bagian tubuh mulai tampak perubahannya yang salah satunya adalah membengkak. Celana yang beberapa hari lalu masih muat, tiba-tiba mulai tidak bisa dikancingkan lagi. Selain itu, sistem pencernaan juga mulai menurun kinerjanya sehingga hal ini membuat Anda merasa kesulitan untuk buang air besar. Untuk mensiasatinya, sebaiknya makanlah makanan yang kaya akan serat dan perbanyak minum air putih.

6. Seringkali pipis
Sering pipis merupakan gejala paling umum yang dialami oleh wanita hamil. Ini bisa terjadi karena selama masa kehamilan, tubuh Anda akan memproduksi cairan lebih banyak sehingga membuat kantung kemih bekerja lebih keras daripada biasanya.

7. Pusing
Tekanan darah yang begitu rendah akan membuat Anda lebih mudah merasakan pusing ketika sedang beraktivitas. Supaya Anda dan bayi yang masih dalam kandungan tetap terjaga kesehatannya, sebaiknya makanlah dengan cukup dan usahakan supaya tidak sampai mengalami dehidrasi.