Cara Mengatasi Perasaan Negatif

Tips Sehat dan Cantik - Semua orang mungkin pernah merasakan perasaan negatif yang muncul dari diri kita. Tahukah Anda, mengapa perasaan negatif tersebut bisa muncul? Ada banyak hal yang dapat memicu munculnya perasaan negatif pada diri seseorang. Salah satu faktor pemicunya adalah kita sering terlalu memaksakan diri atau terlalu banyak menuntut sesuatu dalam diri sendiri.

Ketika kita memaksakan diri untuk terus bekerja keras, secara tidak sadar energi dalam tubuh kita akan terus mengalami penurunan, sehingga pada saat inilah perasaan negatif akan mulai dirasakan. Kita tahu bahwa perasaan negatif itu tidaklah baik karena ujung-ujungnya akan membuat kita stres yang pada akhirnya dapat mengganggu kondisi kesehatan kita.
cara menghilangkan perasaan negatif
Ilustrasi perasaan negatif via pure-words.com
Oleh karena itu, kita harus mencari cara mengatasi perasaan negatif tersebut supaya kita tidak lagi merasa tertekan karenanya. Bagaimana cara mengatasinya? Langsung saja simak tipsnya berikut ini.

1. Bahagiakan diri sendiri
Cara mengatasi perasaan negatif yang pertama adalah berusaha untuk membahagiakan diri sendiri. Terlalu banyak menuntut pada diri sendiri akan semakin memperburuk kondisi perasaan negatif. Oleh sebab itu cobalah berusaha untuk membahagiakan diri Anda. Membahagiakan diri disini bukan karena ada tuntuan dari orang lain, melainkan karena adanya keinginan dalam diri sendiri.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membahagiakan diri, mulai dari berlibur, bermain game, membaca buku, menonton film, dan yang lainnya. Yang jelas, berikan waktu luang untuk tubuh dan pikiran Anda supaya jauh lebih tenang.

Bersyukur juga merupakan cara lain yang bisa membuat Anda merasa bahagia. Syukuri apa yang telah Anda miliki pada saat ini karena diluar sana masih banyak orang yang ingin memiliki apa yang telah Anda miliki. Cobalah tarik napas dalam-dalam sambil memikirkan satu hal yang ingin Anda syukuri. Kemudian hembuskan napas dengan mengucapkan kalimat syukur. Bila cara tersebut dilakukan dengan benar, maka kita akan merasa lebih ringan untuk menjalani rutinitas kita. Sehingga, pada akhirnya perasaan negatif pun akan mulai berkurang secara perlahan-lahan.

 2. Beristirahat
Ketika tubuh dan pikiran mulai terasa lelah, maka itu merupakan salah satu pertanda bahwa tubuh dan pikiran kita memerlukan istirahat. Bila terus dipaksakan kerja Anda pun tidak akan mampu lagi optimal, pada akhirnya perasaan negatif dalam diri akan membuat Anda semakin tertekan. Cobalah untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran Anda sejenak atau bisa memilih berlibur dengan keluarga atau teman. Bila tubuh dan pikiran mulai terasa relaks kembali, maka perasaan Anda pun akan menjadi positif dan lebih bersemangat lagi.

Sebenarnya cara mengatasi perasaan negatif itu gampang-gampang susah. Karena seperti yang kita tahu bahwa hidup itu penuh dengan segala cobaan, tinggal bagaimana diri kita saja dalam menyikapi kehidupan kita ini.
cara mengurangi perasaan negatif
Ilustrasi perasaan bahagia via wide-wallpapers.net
Itulah tips bagi Anda yang ingin menghilangkan perasaan negatif dalam diri. Semoga uraian bermanfaat untuk Anda dan selamat mencoba ya...