Posisi Tidur yang Paling Baik Untuk Kesehatan

Tips Sehat dan Cantik - Tidur merupakan salah satu kebutuhan manusia yang masuk kedalam kategori yang sangat penting. Bila kebutuhan tidur seseorang tidak tercukupi dengan baik, maka akan menimbulkan hal-hal negatif terhadap kesehatan tubuh Anda. Sebelumnya kami juga telah memberikan informasi kepada Anda tentang akibat dari kurang tidur. Bila Anda ingin mengetahuinya silahkan simak artikelnya di 7 macam bahaya kesehatan akibat kurang tidur

Ketika seseorang sudah mulai mengantuk, sebagian besar orang tidak akan terlalu banyak berpikir mengenai posisi tidur mereka. Bagi mereka, tidur nyenyak itu sudah cukup untuk mengistirahatkan tubuhnya. Padahal, posisi tidur itu memberikan kontribusi yang cukup penting lho terhadap kualitas tidur kita dan tentunya posisi tidur juga mempunyai manfaat terhadap kesehatan. Berikut ini merupakan posisi tidur yang paling baik untuk kesehatan tubuh kita.
posisi tidur yang sehat

Posisi Tidur Paling Baik

1. Tidur menyamping (miring)
Tidur dengan posisi miring kesebelah kanan merupakan salah satu posisi tidur yang sangat dianjurkan oleh panutan umat islam yakni Rosululloh Sholallohu ‘Alaihi Wassalam. Posisi tidur seperti ini hanya membuat jantung terbebani oleh paru-paru kiri yang ukurannya tentu lebih kecil. Disamping itu tidur dengan posisi miring kesebalah kanan juga akan menempatkan hati pada posisi yang stabil. Kemudian posisi tidur ini juga dapat menjaga sistem pencernaan dan kesehatan jantung.

Jangan lupa untuk menggunakan bantal di kepala supaya posisinya berada pada posisi netral, sehingga kepala kita tidak lebih rendah dari tubuh. Hindari posisi tidur miring kesebelah samping kiri. Hal ini dikarenakan jantung terletak disebelah kiri. Bilamana jantung terkena tekanan tubuh, hal ini tentunya akan membuat Anda merasa sesak ketika tidur.

2. Tidur terlentang
Posisi tidur selanjutnya adalah posisi tidur terlentang. Posisi tidur yang satu ini bermanfaat untuk memberikan keseimbangan terhadap berat tubuh Anda sekaligus menjaga organ dalam tetap seimbang. Namun posisi tidur terlentang ada pula dampak negatifnya. Ketika seseorang tidur terlentang, maka hal ini akan membuat orang tersebut bernapas melalui mulutnya. Hal ini bisa terjadi karena pada saat kita tidur terlentang, rahang pada bagian bawah akan meregang sehingga membuat mulut kita terbuka.

Seperti yang kita ketahui bahwa bernapas melalui mulut itu tidak baik. Hal ini dikarenakan kotoran yang terhirup akan langsung masuk kedalam perut kita tanpa disaring terlebih dahulu. Berbeda ketika kita bernapas menggunakan hidung. Kotoran yang tidak sengaja terhirup akan tersaring terlebih dahulu oleh bulu-bulu hidung. Bernapas melalui mulut merupakan salah satu faktor yang membuat seseorang lebih mudah untuk terserang flu.

3. Tidur tengkurap
Tidur tengkurap memang dapat bermanfaat untuk mereka yang mempunyai rasa sakit pada bagian punggungnya. Namun tidur seperti ini jangan dijadikan sebagai kebiasaan ya, karena dampak negatifnya jauh lebih besar ketimbang manfaatnya. Mengapa tidur tengkurap tidak dianjurkan? Karena posisi seperti ini lebih berisiko untuk membuat leher mengalami cedera dikarenakan melawan kelekukan alami pada tubuh. Posisi tidur seperti ini juga dapat memberikan tekanan yang berlebihan terhadap saraf, sehingga nantinya akan membuat tubuh terasa sakit pada saat bangun.

Lebih baik pilihlah tidur dengan posisi miring kesebelah kanan, hal ini karena dampak negatif yang diberikan hampir tidak ada. Kalau Anda termasuk orang yang menganut ajaran agama islam, maka sudah sepantasnya untuk mengikuti apa yang dianjurkan oleh Rosululloh Sholallohu ‘Alaihi Wassalam termasuk dalam perkara posisi tidur. Selamat mencoba ya...