Ingin Jadi Vegetarian? Ketahui Dulu 5 Hal Ini

Tips Sehat dan Cantik - Saat ini ada begitu banyak orang yang memilih menjadi vegetarian untuk menjalani gaya hidup sehat. Meskipun pada awalnya hanya sedikit, seiring berjalannya waktu para pengikut gaya hidup sehat ini pun mulai bertambah. Bahkan, sekarang ini banyak restoran-restoran yang menyediakan menu khusus bagi mereka yang menjalani gaya hidup sebagai vegetarian.
tips menjadi seorang vegetarian
Ilustrasi makanan vegetarian via abcnews.go.com
Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang vegetarian, setidaknya ada 5 hal yang harus diperhatikan sebelum Anda memulainya. Berikut adalah hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum Anda menjadi seorang vegetarian.

1. Protein
Meskipun Anda memutuskan untuk menjadi seorang vegetarian, tetap saja Anda harus mencukupi kebutuhan nutrisi harian Anda. Salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh adalah protein. Nutrisi yang satu ini berfungsi dalam membentuk senyawa amino acid yang sangat berguna terhadap pertumbuhan dan perbaikan sel. Untuk mendapatkan protein, Anda bisa mengkonsumsi kacang-kacangan, kedelai, tempe, dan lain-lain.

 Baca juga: Cara Menanam Kacang Hijau

2. Kalsium
Selain protein, Anda juga harus mencukupi kebutuhan kalsium disetiap harinya. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang dewasa yang berusia 19-50 tahun disarankan setidaknya mendapatkan 1.000 mg kalsium per hari. Untuk membantu mencukupi kebutuhan kaslium di setiap harinya, Anda bisa mengkonsumsi makanan alami yang kaya kalsium seperti almond, kacang kedelai, tahu, dan kangkung.

3. Hindari junk food
Menghindari daging dan menggantinya dengan berbagai makanan kemasan malah justru membuat diet vegetarian Anda menjadi berantakan. Menukar daging yang banyak mengandung protein, vitamin, dan mineral dengan makanan olahan yang hanya menyediakan sedikit nutrisi bukanlah sesuatu hal yang baik untuk dilakukan. Perlu diketahui bahwa produk olahan seperti junk food memiliki kalori dalam jumlah yang tidak sedikit. Dan ini akan membuat Anda lebih mudah merasa lapar.

4. Lakukan secara bertahap
Untuk menjadi seorang vegetarian Anda harus melakukannya setahap demi setahap. Perlu waktu dan latihan supaya Anda menjadi terbiasa. Untuk memulainya, Anda bisa menambahkan lebih banyak produk nabatai kedalam menu makan Anda. Di saat yang sama, kurangilah mengkonsumsi produk hewani pada makanan Anda.

5. Batasi makan makanan di luar rumah
Karena semakin banyaknya orang yang menjalani gaya hidup vegetarian, akhirnya banyak pula restoran-restoran yang memberikan pilihan menu sehat khusus bagi para vegetarian. Meskipun di menu terlihat vegan, Anda sebaiknya tetap memastikan pelayan untuk mengetahui program diet yang sedang Anda jalani.